Selasa, 23 Agustus 2011

BAB V


BAB V
KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT

A.           Kesimpulan
·         Pelaksanaan praktik perbaikan pembelajaran di atas pada materi bilangan melalui diskusi kelompok menunjukkan hasil yang positif.
·         Metode diskusi, alat peraga, dan evalusi yang dilakukan pada praktik perbaikan pembelajaran dengan materi bilangan dan sifat-sifat bilangan , telah berhasil.

B.            Saran Tindak Lanjut
Metode yang bersifat baru dan dirasakan serta dialami siswa akan membingungkan siswa sehingga pembelajaran tidak tercapai. Jika  kesiapan guru dalam melakukan kegiatan diskusi kelompok tidak terencana dengan baik akan timbul berbagai permasalahan di kelas.

Diskusi kelompok dapat dilakukan dalam kelas atau di luar kelas atau dengan teman duduk siswa dalam kelas, dapat juga dengan bantuan tutor sebaya. Alat peraga dapat digunakan ,baik peraga sederhana mau pun yang tersedia di sekolah. Namun , penggunaan alat peraga perlu kesiapan guru dalam menggunakannya. Guru juga diharapkan peka terhadap kemampuan awal dan kesiapan siswa dalam menerima metode dan materi baru dalam pelajaran, sehingga kendala yang akan dihadapi dapat terdeteksi sedini mungkin. Kondisi lingkungan belajar yang kondusif sangat mendukung keberhasilan diskusi
Dari simpulan di atas,yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penguasaan siswa tentang materi dapat terjadi , apabila:
·                Kesiapan guru dalam mengemas pembelajaran mulai dari pembuatan RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran),merencanakan metode apa yang akan digunakan, media apa yang harus disiapkan, dan membuat skenario pembelajaran di dalam kelas.
·                Memahami karakteristik siswa, sehingga guru dapat melakukan aksi pembelajaran yang tepat.
·                Berikan pertanyaan yang menantang keativitas siswa.
·                Tumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam belajar.
·                Rayakan sebagai bagian motivasi dan berikan penguatan.
·                Ciptakan dan gunakan sarana dan prasarana belajar yang memadai.
·                Memaksimalkan peran tutor sebaya dalam memudahkan kenerja guru.
·                Perlunya adanya aturan tentang kelas ideal.
·                kondisikan suasana belajar yang kondusif.
·                Melakukan penelitian segera sebagai guru profesional untuk perbaikan pembelajaran pada kelasnya.


















DAFTAR PUSTAKA


Indra. 2009. Pembelajaran Pakem, Tingkatkan Kualitas Belajar Siswa : (http://indramunawar.blogspot.com/2008/02/pembelajaran-pakem tingkatkan – kualitas.html) 25 Juli 2011
Safari (2003) Evaluasi Pembelajaran . depdiknas
Karso ,at.el ( 2007 ) Pembelajaran Matematika I.  Universitas Terbuka. Jakarta.
Mikarsa ,Hera Lestari ( 2009 ) Pendidikan Anak SD . Universitas Terbuka. Jakarta.
Muhsetyo,Gatot,dkk Pembelajaran Matematika SD. UT Edisi 1
Murodikarta,at el. Portofolio matematika. Esis. Erlangga 
Silabus KTSP (2005). Model Silabus Kelas IV. BNSP. Depdiknas
Subini,Nini. 2011.  Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak . Javalitera.P.T.Buku Kita .Jakarta
Sumardyono, M.Pd :http:/guru onlin . Pengertian Dasar Problem Solving-. agustus 2011
Yahya ,A HalimFathani Minggu 24072011 Wikipidea . Memahami Kembali Definisi dan Deskripsi Matematika

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar