Selasa, 23 Agustus 2011

BAB III LANJUTAN


A.           Deskripsi Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Per Siklus

Kegiatan pelaksanaan perbaikan pembelajaran yang dilakukan terdiri dari 4 langkah ,yaitu perencanaan perbaikan , melakukan tindakan, mengamati , refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan satu siklus atau daur dan dilakukan secara berurutan.( Kemmis & Mac.Tagart)
Gambar 3.1
Tahap-tahap PTK
1. PERENCANAAN
 


4. REFLEKSI
2. TINDAKAN
                                                            
3. MENGAMATI
 



c
Down Arrow: aMODEL ( KEMMIS & MAC.TAGART)

b
b
c






Down Arrow: d


Down Arrow: aDown Arrow: d
 










Gambar 3.2
Skematika pra siklus
a.              Rencana : melatih C4,C5,C6 dalam pembelajaran.
b.             Pelaksanaan : melalui media sederhana siswa berdiskusi dengan kelompok belajarnya .
c.              Pengamatan : siswa aktif berdiskusi.
d.             Refleksi : masih ada beberapa siswa tidak menunjukkan aktivitas diskusi.

Pelaksanaan perbaikan pembelajaran setelah pra siklus, setelah melakukan refleksi dengan bantuan supervisor 2 melakukan tindakan perbaikan yang tertuang dalam Skematika siklus 1.( Rencana Perbaikan Pembelajaran terlampir )

a.              Merencanakan kembali  : penampilan dan jumlah media yang digunakan dalam diskusi disesuaikan.
b.             Pelaksanaan : siswa yang kurang aktif diminta berdiskusi dengan kelompok menggunakan alat/ media.
c.              Pengamatan : siswa ada perubahan positif pada proses diskusi
d.             Refleksi : pelajaran seperti ini media dibuat menarik dan beragam

Tindakan perbaikan siklus 1 yang telah dilakukan guru pada tahap refleksi kegiatan yang telah dilaksakan ,kemudian mengadakan penilaian terhadap kinerja guru dan siswa. lembar pengamatan untuk guru yang dinilai pengamat atau supervisor 2. ( terlampir) . untuk siswa berupa soal tes dan lembar kerja yang telah dipersiapkan oleh guru sebagai alat evaluasi keempat tahapan dalam perbaikan pembelajaran dengan prosedur dan tahapan berikut;
1.      Tahap perencanaan.
·           Membuat rencana perbaikan pembelajaran
·           Merancang metode pembelajaran
·           Mempersiapkan alat peraga yang digunakan
2.      Tindakan
·           Melakukan kegiatan belajar mengajar dalam kelas
3.      Pengamatan.
·           Pengamatan dilakukan dengan bantuan supervisor 2 atau kepala sekolah dan guru lain
4.      Refleksi
Melakukan tanya jawab dengan d iri sendiridan mengidentifikasi kelemahan yang muncul dalam pembelajaran . kelemahan tersebut dianalisis yang kemudian diperbaiki pada kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus 2. Kegiatan perbaikan pembelajaran selanjutnya diperbaiki pada setiap siklus selanjutnya dengan mengacu pada setiap refleksi.

Kegiatan tiap siklus terus berlanjut, dengan acuan memperbaiki pembelajaran pada tiap siklus dengan langkah-langkah berulang darri rencana perbaikan, pelaksanaan ,pengamatan ,dan refleksi pada setiap akhir kegiatan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar