Selasa, 29 November 2011

ponakan dedi 2

100504073303

Prakata

Alhamdulillah, sebentar lagi Ujian Semester 2 akan dilaknakan berarti kenaikan kelas sudah di depan mata. Bagaimana perasaanmu? Tentu senang, bukan? Di kelas sebelumnya kamu telah belajar mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam pelajaran bahasa Indonesia yang baik dan benar. Di Kelas VI pun nanti akan dipelajaril lagi, kamu pun akan mempelajari kembali pelajaran Bahasa Indonesia.

Tujuannya keterampilan menulis berbahasa Indonesia ini adalah agar kamu semakin bertambah. Keterampilan menulis dan berbahasa Indonesia yang kamu miliki akan membantumu memahami pelajaran serta menambah wawasan berbahasa. Dengan demikian, kamu akan semakin cerdas.

Gunakanlah waktumu sebaik-baiknya. Melalui kegiatan menulis dan mengarang yang kamu kerjakan dengan baik. Kamu dapat belajar sendiri, dengan teman-teman, atau dengan guru dan orang tuamu. Rajin-rajinlah belajar. Semoga kegiatan menulis ini bermanfaat dan berguna buat kamu semua. Semoga berhasil.

Tangsel , Mei 2010
Penulis

Kata sambutan
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmat dan karunia-Nya, buku kecil yang berisi kumpulan cerita pendek yang di buat oleh siswa dengan sederhana dapat terselesaikan. Teks pelajaran ini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada teman melalui perpustakaan sekolah dan kelengkapan belajar kalian
Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para penulis dan seluruh siswa-siswi kelas V yang telah berkenan mencurahkan segenap pemikirannya melalui kegiatan menulis dan berbahasa ini untuk digunakan secara luas oleh para siswa dan guru di lingkungan SD Negeri Cilenggang 2 pada khususnya dan umumnya di Negeri tercinta ini.

Diharapkan bahwa “kumpulan cerpen” ini akan membantu dan menambah serta menjadikan kegiatan ini melahirkan seniman-seniman muda di bidang sastra dan penulis terkenal di Indonesia.  Kamu dapat memanfaatkan kegiatan ini sebagai moment penting dalam meningkatkan gairah belajar. Kami juga berharap, semua pihak dapat mendukung kegiatan ini. Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlah buku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perlu ditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan.
Tiada gading yang tak retak. Tiada kesempurnaan tanpa kesalahan karena ini semua sebagai bahan kajian dan evaluasi sejauh mana siswa dapat menggunakan kemampuan daya imajinasinya dan meningkatkan kemampuan berbahasa tulisan.

Serpong, Mei 2010
Rounded Rectangle:
Tiara Ariestasari. Lahir di Jakarta, 31 Maret 1999.  Sekarang tinggal di Griya Serpong Asri Blok F4 no 15/085232851946. Walau terkadang pulang pergi Jakarta –Serpong yang cukup melelahkan, namun apa boleh buat selama ini terus berjalan. Capek memang, menjalani rutinitas sekolah seperti ini. Terkadang jemu juga sih, yah begitulah kenyataan yang harus aku jalani.
Di bawah ini adalah hasil karanganku yang aku tuangkan lewat media computer. Aku coba pertama kali mengerjakannya. Bingung campur baur jadi satu ketika guru kelas menginstruksikan untuk memulainya. Beginilah hasilnya , semoga ada manfaat buat para adik-adik kelasku dan pembaca tercinta.
HALUSINASIKU
Di tengah dinginnya udara gelap langit yang tertutup kabut dan  embun yang masih menggantung, aku mendengar suara ayam berkokok “kukuruyuk....yuk...yuk...” . Saat  ibu ku mendengar suara ayam itu ia langsung  terbangun dan membangunkanku dari tidur lelapku,dan mimpi indahku.
Bergegas aku bangun karena takut di omeli ibuku,ya begitulah ibuku tukang ngomel-ngomel.Tapi,terkadang aku lelah mendengar omelannya!
Telah lama waktu berjalan,tak kuduga saatnya bertamasya ke ANCOL.Bersama bibi,paman,dan adikku Tresna tujuan kami ke sana adalah mendatangi undangan dari kantor pamanku.Disana kami berenang tanpa menggunakan baju berenang karena tertinggal yang terbawa hanya handuk. Walau pun tanpa pakaian renang kami tetap gembira dan bahagia.
Malam harinya kami sekeluarga, tepatnya pukul 22.00 WIB,kami makan di Rumah makan Raja Rasa. Pesta ulang tahun RAJA RASA yang ke 2 th segera di mulai. Kami menari,makan,dan menikmati indahnya alam pantai. Sayangnya ditengah kesibukan itu aku bersama adikku main di pantai sambil membuat istana pasir. Sedang asyik bermain kami di panggil oleh bibiku untuk makan malam,selesai makan kami melanjutkan kembali permainan kami.Pukul 00.30 aku mandi sendiri,sedangkan adikku dimandikan,tiba-tiba perutku keroncongan tanda cacing-cacing di perutku sudah lapar.
Sambil makan aku menikmati indahnya pemandangan pesisir pantai dan mendengarkan pengumuman door prise,alhamdulillah om aku mendapatkan door prise yang ternyata isinya sesuai keadaan yaitu handuk,jadi handuk yang kami bawa ada 4 buah.Tiba-tiba aku mendengar suara tawa menyeramkan “hihi...hihi..hihi” aku rasa itu “SI MANIS JEMBATAN ANCOL” aku menanyakan hal tersebut pada paman dan bibi,tetapi mereka tidak mendengar suara itu kata mereka itu hanya halusinasi. Apa benar itu hanya perasaanku saja.Hi....aku jadi merinding  mendengarnya.Aku segera membaca Istighfar,”Astaghfirrullahalazim.!”. “ Ah, itu khan cuma perasaanku saja,tapi sepertinya ada yang memperhatikan ku.
Pukul 04.00 subuh Aku, bibi Sri, dan Paman Rosi kembali pulang ke rumah. Sedangkan bibi Rusna bersama keluarganya di tinggalkan,karena mereka masih tertidur.

Elga Hedianty Putri. Begitulah nama lengkapku. Lahir di Tangerang,18 Maret 1999. Sekarang aku tinggal di Griya Serpong Asri blok A2 no 2/02199982340. Aku bersekolah di SD Negeri Cilenggang 2 yang dahulunya bernama SDN Serpong 1. Padahal banyak dari teman-temanku tidak setuju ada pergantian nama sekolah ku itu. Tidak jelas dan aku sendiri gak paham.

Apa pengalaman yang paling kalian ingat?Tentu kalau kalian seumuran denganku pasti punya banyak pengalaman saat sekolah di SD yang paling kalian ingat.Inilah ceritaku saat di SD.
Pelangi di Sekolahku
Semenjak aku duduk di kelas 1 sampai sekarang ini banyak pengalaman yang aku rasakan. Apalagi rasa bangga bisa bersekolah di SDN Cilenggang 2.Teman-temanku yang baik hati tentunya di kelas 5B juga kakak dan adik kelasku.Apalagi guru-guru di SDN Cilenggang 2.Tapi pengalaman yang paling mengesankan adalah saat aku di kelas 5 karena banyak kegiatan. Contohnya PERSAMI,Out Bond,Lomba Olympiade,dan lain-lain. Aku akan menceritakan pengalamanku saat lomba Olympiade IPA.
Saat itu,Dinas Pendidikan memberi tahu pihak sekolah bahwa akan diadakan lomba olympiade IPA,Matematika,dan Siswa Berprestasi. Oleh sebab itu,sekolah ingin mempersiapkan siswa-siswa yang mengikuti lomba tersebut. Awalnya dari kelas 5A dan 5B peringkat 1 sampai peringkat 10 diseleksi.Hanya 2 orang yang terpilih olympiade IPA.Begitu juga Matematika dan Siswa Berprestasi.
Wah....,alhamdulillah Aku dan temanku Ambo terpilih lomba olympiade IPA.Sedangkan olympiade Matematika terpilih temanku di kelas 5A yaitu Ivan dan Melinda.Siswa Berprestasi Salsa dan Andri. Setelah terpilih,kami pun berlatih.Tentu saja sebelum berlomba kami harus banyak latihan.
Hari dimana kami harus berlomba pun datang.Kami harus siap mental dan fisik.”Menang atau kalah itu hal biasa yang penting kita sudah.”ucap guru yang mewakili atau mengantar kami.Kami berlomba di SD Karya Bakti. Aduh deg degan. Melihat lawannya hampir semua berasal dari SD Swasta. Hati ku tersa was-was serta gundah, ada harapan enggak ya??? Guru-guru terus memberi kami semangat.Sebelum kami berlomba kami harus Upacara terlebih dahulu.Mendengar sambutan-sambutan kepala sekolah membuat kami tambah tegang , sebab menurut apa yang dikatakan kepala sekolah ada 16 sekolah yang mengikuti perlombaan ini.Selesai upacara kami diwajibkan untuk memasuki ruang lomba,tetapi perlombaan belum dimulai kami boleh beristirahat terlebih dulu. Setelah dimulai,suasana di dalam ruangan hening,menegangkan sekali. Selesai mengerjakan soal,kami diberi bingkisan makanan untuk istirahat. Setelah beristirahat kami harus memasuki ruangan  lomba kembali.Kami mengerjakan soal lomba kembali.Setelah itu kami dipersilakan keluar dan menunggu pengumuman lomba.Hasil lomba pun telah diumumkan. Dan hasilnya sangat mengejutkan. Ternyata aku tidak dapat masuk ke babak eksperimen. Tetapi temanku Ambo bisa masuk kebabak 6 besar.Wah saat melihat pemenang yang masuk ke babak selanjutnya,ternyata hampir semua berasal dari SD Swasta hanya sekolah kamilah yang merupakan satu-satunya sekolah Negri.Bangganya kami,walaupun kami tidak menang,tetapi kami sangat-sangat bangga.
Itulah pengalamanku saat lomba olympiade.Betapa bangganya aku karena bisa bersekolah di SDN Cilenggang 2.Warna-warni pengalaman yang beragam dan menyenangkan membuat kami selalu senang berada di sana.

Miftahudin M.R. Rama begitu teman-teman memannggilku. Aku adalah cowok paling keren di kelas V B . Lahir di Tangerang, 9 Januari 1999. Markas keluarga besarku di Cisauk aku sekarang sekolah di SD N Cilenggang 2. Cita-cita ku ingin menjadi arsitek ,karena hobiku menggambar dan  main bola.
Aku ingin mempersembahkan kepada seluruh teman-teman ku yang berada di SDN Cilenggang 2 untuk membaca hasil karanganku. Selamat membaca semoga jadi orang yang berguna dan bermanfaat buat nusa dan bangsa. Amin.
Yogyakarta Kota Kenangan
                Akhir tahun 2009 , tepatnya bulan Desember aku dan keluargaku pergi ke Yogya. Aku dan keluargaku mempersiapkan kendaraan dan juga barang-barang yang kami bawa. Setelah semua persiapan yang hendak kami bawa sudah lengkap, kami pun beristirahat untuk persiapan esok hari.
          Keesokan harinya kami bersiap untuk pergi ke Yogya. Sebelum berangkat aku bertanya kepada ibuku “ Berapa lama perjalanan kita bu? “.
“ Mungkin kita sampai di sana sekitar tengah malam “.Ibu menjelaskan.
          Saat diperjalanan aku banyak melihat pemandangan indah. Saat itu juga bensin kendaraan kami habis. Karena bensinnya habis, kami berhenti disebuah pom bensin yang tidak terlalu jauh dari tempat kami. Setelah membeli bensin, kami beristirahat. Tak lama kami pun melanjutkan perjalanan. Karena aku terlalu lelah akhirnya aku tertidur. Saat aku bangun ternyata sudah malam. Karena aku baru bangun tidur, aku tidak tahu kami berada dimana. Akupun bertanya kepada Ibuku “ kita sudah sampai mana Bu? “ . Ibu pun menjawab “ kita sudah sampai Yogya “
.Karena semua sudah lelah, kami pun mencari hotel yang sudah dipersiapkan. Karena kami tidak tahu alamat hotel itu kami pun bertanya kepada seseorang yang ada disana. Kami pun pergi sesuai dengan petunjuk yang diberi tahu oleh orang yang kami Tanya tadi. Sesampai di hotel kami meminta kunci kamar yang sudah dipersiapkan. Saat sampai di depan kamar kami membuka pintu kamar itu. Karena semuanya sudah lelah kami pun beristirahat dan tidur dengan nyenyak.
          Keesokan harinya kami mencari makan untuk sarapan kami. Setelah sarapan, tujuan pertama kami yaitu pergi ke Candi Borobudur. Waktu perjalanan menuju Candi Borobudur kira-kira 30 menit. Sesampai disana kami harus membeli tiket masuk. Harga tiket masuk untuk 1 anak kecil Rp 7.500,00 dan untuk 1 orang dewasa Rp 22.500,00. setelah membeli tiket kami masuk ke dalam wilayah Candi. Saat kami melihat Candi-candi yang banyak dan tinggi, kami pun ingin menaiki puncak dari Candi borobudur yang tinggi itu. Setelah sampai di atas puncak candi, kami pun melihat pemandangan yang indah dan banyak patung-patungnya. Karena banyak pemandangan yang indah kami pun berfoto-foto disana. Setelah kami berfoto-foto kami pun turun dari atas puncak Candi, sambil melihat patung-patung itu. Sesampai dibawah kami pun pergi keluar wilayah candi untuk melihat barang-barang yang ada di sekitar kami.
          Setelah kami pergi ke Candi Borobudur, kami pergi ke Malioboro disana banyak baju batik, tas dll. Disana kakakku membeli sandal dan tas batik. Karena hari sudah malam kami kembali menuju hotel.
          Keesokan harinya kami pergi ke Candi Prambanan. Untuk masuk ke Candi Prambanan kami harus membayar tiket masuk harga untuk 1 orang anak kecil Rp 7.500,00 dan untuk I orang dewasa Rp 20.000,00. Candi Prambanan itu sangat indah,luas, dan tinggi-tinggi. Karena candi-candinya tinggi, jadi semua orang tidak boleh menaikinya dan tidak boleh masuk. Karena candi-candinya banyak yang rusak, di bawah candi-candi masih banyak yang berserakan akibat gempa yang terjadi dahulu dan sampai sekarang belum diperbaiki oleh pihak terkait. Setelah kami melihat-lihat kami masuk ke sebuah candi yang di dalam candi itu ada sebuah patung kerbau. Saat aku dan kakakku menaiki patung itu, saat itu aku difoto oleh ayahku. ;Kesempatan dan moment yang baik itu aku gunakan untuk berfoto ria dengan keluarga. Hasil cetak foto tersebut ternyata membuat keluarga sangat tercegang , sebab di dalam foto ada terekam penampakan.
           Hari berikutnya, kami pergi ke pantai Parangkritis. Diperjalanan kami banyak melewati pantai yang bertaburkan pasir hamparan pasir putih nan luas. Setibanya di pantai parangkritis kami harus membayar tiket masuk. Harga 1 orang anak Rp 3.000,00 dan 1 orang dewasa Rp 5.000,00. karena ombak yang besar kami tida di perbolehkan berenang. Karena tidak di perbolehkan berenang, disana kami hanya membeli oleh-oleh.Karena kami semua sudah lelah kami kembali ke hotel.
Keesokan harinya kami pulang ke rumah. Di tengah perjalanan kami membeli banyak oleh-oleh. Karena aku lelah aku tertidur. Saat aku bangun ternyata sudah sampai di rumah. Karena sudah malam aku disuruh tidur oleh kedua orang tuaku, aku pun menuju kamarku untuk pergi bermimpi indah tentang Yogya.

CIPTO.jpgCipto Aji Kurnianto
Tgl lahir           :27 MARET 1999
Kelas                :V B
Sekolah            :SDN Cilenggang 2
Alamat rumah  :Jln. Rancamalang, Kec. Kadusirung, Kab. Pagedangan RT 02/02

Sampah. Kalian pasti sudah mengenal sampah? Sampah banyak berada di perkotaan maupun di pedesaan. Sampah terbagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu sampah organik  maupun sampah non organik. Sampah organik contohnya dedaunan, sampah organik biasanya mudah di uraikan. Sampah non organik contohnya  plastik, biasanya sampah ini susah diuraikan.
          Aku ingat, aku pernah ke sebuah pembuangan sampah di Jakarta Timur tepatnya di Celilitan, tempat pembuangan sampah ini berbeda dengan yang lain tempat ini tidak terlalu bau. Itulah tempat pamanku yang bernama Warto. Saat itu paman ku sedang mengelola sampah. Aku bertanya beberapa hal tentang sampah. Aku bertanya kepada pamanku.
Aku             :”Paman apakah sampah plastik berbahaya?”
Paman        :”Sangat,sangat berbahaya.”
Aku             :”Mengapa sangat berbahaya?”
Paman        :”karna sampah plastik mengandung  bahan kimia yang tidak bisa di                musnahkan,dan sulit di uraikan.”
Aku             :”Mengapa sampah plastik sulit di uraikan?”
Paman        :”Ya, karna sampah plastik jika dimusnahkan  api, maka sampah plastik itu akan menghasilkan asap yang menggumpal di langit akan menjadi hujan yang mengandung zat kimia yang sangat berbahaya dan hujan itu akan mengalir ke sungai-sungai  yang akan di manfaatkan oleh PDAM  mungkin PDAM bisa menghilangkan kotoran tapi zat-zat berbahaya yang di kandung air hujan yang dari plastik yang di bakar.”
Aku             :”Jadi seperti itu!”
Paman        :”Jadi kita harus mendaur ulang sampah plastik dengan cara coba kumpulkan plastik bekas kecap bango dan jahitlah sesui dengan bentuk tas yang diingin kan, Ok!!!!!!!!!!!!!”
Aku             :”Ok paman!!!!!!!!!!!!!”
Syifa Salsabila. Syifa biasa aku disapa begitu dengan teman-teman sekelasku. Lahir di Jakarta ,03 – Agustus – 1999. Sekarang aku duduk di kelas 5 SDN Cilenggang 2. Aku dan keluarga tinggal di Perum Griya Serpong Asri (GSA) blok jalan Dahlia 1 nomor 10 – 11 Rt 04/06, Suradita,Tangerang,Banten. Jika kalian ingin berakses langsung dengan aku dapat kamu jumpai di   syifa_salsa_bila@yahoo.com. Demikian perkenalanku dengan kalian. Di bawah ini aku buatkan cerita  dengan judul;
 Kapan...???

Saat liburan kenaikan kelas yg lalu,aku bersama kaluargaku
pergi ke Semarang. Kami pergi ke Semarang’  naik kereta api.
Sebelum berangkat,Ibu dan aku mempersiapkan apa yg
akan di bawa untuk besok.Pertama aku bingung,kenapa Ibuku mempersiapkhan barang – barang begitu banyak.Lalu aku bertanya kepada Ibu
“Ibu,kita mau pergi ke mana? Kita mau pindah rumah bu?”
Ibu ku tertawa mendengar pertanya-an dariku,lalu Ibuku bilang
“Kita gak pindah rumah,kita cuma mau pergi ke luar kota”
Mendengar penjelasan Ibu,aku pun langsung mengerti ternyata tidak pindah rumah,hanya beres – beres.Tapi di dalam pikiranku aku ingin bertanya lagi ke Ibu,baiklah aku akhan bertanya lagi ke Ibu.
Lalu aku bilang   “Memangnya mau pergi ke kota mana bu? kayak’a lama bangget’z dech”
“Yah…di bilang lama yah enggak , tapi di bilang sebentar juga enggak”
Mendengar jawaban dari Ibu,aku langsung menyimpulkhan
“Aku tau bu,kalo di bilang sebentar enggak & di bilang lama juga enggak,berarti sedang donk pergi’a…”
“Yah… terserah kamu aja dech ,tapi kalo Ibu ngobrol terus sama kamu, kapan Ibu beres – beres’a
“Oh iya yah…. Ibu khan lagi beres – beres, sorry bu…sorry bu…. Silah khan aja di lanjut-in beres – beresnya” (sekalian aku basa – basi biar nggak di marahin he…he…he…)Udah dech jngn gangguin Ibu lagi.
     Ya udah dech aku juga ikut beres – beres (bantuin Ibu,takut di marahin) aku lupa nanyain ke Ibu tentang berangkatnya hari apa? Dan juga berangkat jam berapa?  Uhh…aku Tanya / enggak yah…       ok keputusan aku adlh …nanya
“Ibu aku lupa,aku mau nanya lagi sama Ibu Berangkatnya hari apa bu? Dan juga berangkat’a jam berapa?”
“ohh… kamu mau nanya tentang itu… berangkat hari Rabu ,dari rumah  jam 13.30, tapi nanti kita naik keretanya yg jam 15.30”
“Ohh… gitu ya…ya…ya sekarang aku dah tau….thanks yah bu…
     Tak terasa 5 hari t’lah berlalu, hari ini waktu’a untuk pergi
Kalu begitu aku harus siap – siap khan ½ jam lagi aku dach harus berangkat. Aku harus mandi dulu,makan,& pake-in baju adik-ku.
Ya udah dech teman – teman,berarti sekarang waktu’a kita untuk berpisah. Nanti lagi yah cerita’a,lanjutin lagi yah kapan – kapan.
Good Bye…

~~~The End~~~
Cloud Callout: Bingunk memang , kalo jadi cowok keren banyak yang merhatiin tuh .,,,,,.....cowok...Cloud Callout: Gantenk gaK ane Coy...

Pengetahuan umum untuk kalian
Petunjuk  pidato
Sambutan Murid kepada Guru pada Acara Perpisahan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang kami muliakan, izinkanlah saya berdiri sejenak di hadapan Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang kami muliakan untuk mewakili rekan-rekan
yang telah menamatkan pelajaran di Sekolah Dasar Negeri Sukamaju yang kami cintai ini.

Pertama-tama, marilah kita menghaturkan puji syukur ke hadirat Allah S.W.T. karena kita
semua mendapat berkah dan karunia-Nya sehingga dapat hadir dan berkumpul di aula sekolah ini tanpa halangan yang berarti.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang sangat kami cintai lagi kami muliakan, terlebih dahulu, perkenanlah saya atas nama rekan-rekan sekelas menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang telah berhasil mendidik dan mengajar kami dengan maksimal, sehingga kami menamatkan pelajaran di sekolah ini. Selama 6 tahun kami menuntut ilmu di sekolah yang tercinta ini, maka selama itu pulalah kami telah menjalin ikatan batin yang sangat kuat lagi dalam dengan Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru di sini.

Bagi kami, Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru sebenarnya adalah orang tua kandung kami sendiri yang sangat besar jasanya bagi kami semua, sehingga apa-apa yang telah Bapak dan Ibu ajarkan kepada kami, akan senantiasa kami ingat dan catat dalam hati sanubari kami semua. Segala pesan, petunjuk, petuah dan bimbingan yang selama ini kami dapatkan, insya Allah akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang sangat kami cintai lagi kami muliakan, tidak lama lagi, kami murid-murid kelas enam akan meninggalkan sekolah ini, yang berarti pula meninggalkan Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang kami cintai. Sesungguhnya perpisahan ini sangat berat kami rasakan, namun mengingat masa depan kami yang harus kami sambut dengan meraih jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, maka perpisahan ini kami terima dengan hati yang ikhlas dan penuh sikap tawakal kepada Allah S.W.T.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru, di hari-hari mendatang kami tentu tidak dapat lagi berdekatan seperti selama enam tahun belakangan ini. Namun demikian, jauhnya jarak bukan berarti juga jauhnya ikatan batin kami dengan Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru. Di hati kami, Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru masih sangat dekat seperti layaknya kami semua masih di sekolah ini.

Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru yang sangat kami cintai lagi kami muliakan, jasa dan pengabdian Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru selama ini dalam mendidik, mengajar, membimbing dan mengasuh kami selama bersekolah di SD Negeri Sukamaju ini, sungguh sangat besar. Kami tidak dapat membalas kebaikan dan jasa Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru dengan apa pun, selain dengan doa dan permohonan kami, agar kiranya Allah S.W.T. berkenan memberkahi serta meridlai Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru dengan diberi- Nya keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan serta taufik dan hidayah-Nya.
Amin Ya Allah Ya Rabbal’Alamiin.

Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan, tak lupa kami mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan kami selama ini. Kami mohon doa restu pada Bapak-bapak dan Ibu-ibu Guru demi kelancaran dan kesuksesan kami di jenjang pendidikan selanjutnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pangeran Puja Kelanaan

Karya: Dinisila Putri

Konon, dahulu kala tersebut lah kisah seorang pangeran muda bernama Puja Kelana dari Kerajaan Waringin. Ia satu-satunya pewaris tahta kerajaan itu. La ramah, jujur, baik hati, dan tidak pernah membeda-bedakan teman.

Suatu hari, Prabu Harya Wijaya, Ramanda Pangeran Puja Kelana, memanggilnya menghadap. la pun bergegas menuju singgasana. Hatinya cemas. Pikirannya kalut. Kira-kira,apa yang hendak di sampaikan oleh
Ramandanya kali ini. Setibanya di hadapan Ramandanya, ia menyembah takzim kemudian duduk di dekat Ramandanya.

"Ampun, Ramanda! Ada apa gerangan hingga Ramanda meminta Ananda untuk menghadap?" Puja Kelana membuka pembicaraan.

"Puja Kelana, Putraku. Ramandamu
kini sudah uzur. Sudah saatnya tahta ini
kuserahkan padamu. Akan tetapi, Putraku,
memikul tanggung jawab ini bukanlah hal
yang mudah. Nanda membutuhkan bantuan
dari orang yang tepercaya, seorang sahabat
sejati yang sudi berbagi suka dan duka
bersama. Untuk itu, Putraku, temukanlah
orang itu dahulu!" Prabu Harya Wijaya
menyampaikan maksud hati nya pada
Pangeran Puja Kelana, sang Putra Mahkota.

"Baik, Ramanda. Ananda akan
melaksanakan titah itu. Ananda mohon
pamit," Pangeran Puja Kelana me langkah
dengan gamang. Hatinya bimbang. la
bingung ke mana harus mencari orang
yang tepercaya sebagaimana pesan
Ramandanya. Dalamnya laut bisa diduga,
tetapi hati orang siapa bisa menerka?
Apakah ia bisa dipercaya atau tidak?
Apakah ia bisa berbagi dalam suka
maupun duka? la berpikir keras sampai
akhirnya ia menemukan sebuah ide.

Pangeran Puja Kelana memutuskan
untuk menemu kan orang itu dengan cara
mengundang orang-orang untuk makan
bersama. Kelak setelah orang yang diundang
makan itu datang, ia hendak mengulur-ulur
waktu dan tidak segera menyuguhi mereka
hidangan makanan. Dari situ, akan ketahuan
bagaimana sikap orang tersebut.

Mulailah Pangeran Puja Kelana mengundang
makan para putra bangsawan
di negerinya satu per satu. la pun
menjalankan rencananya seperti semula.
Ternyata, ada-ada saja tingkah polah para
tamunya. Ada yang marah-marah karenanmakanannya tidak segera keluar padahal ia sudah amat keroncongan. Ada yang tak sabar kemudian pulang terburu-buru.
Ada yang mengumpat. Bahkan, ada yang menggedor-gedor meja makan. Suatu hari, sang Pangeran mengundang putra seorang patih. Putra Patih merasa amat girang karena mendapat kehormatan untuk makan bersama
sang Pangeran. Pagi-pagi benar, ia datang memenuhi undangan sang Pangeran. Mereka duduk bersama di depan meja makan. Kemudian, mereka berbincang-bincang sambil menunggu makanan dihidangkan. Namun, makanan tak kunjung jua dihidangkan. Malahan, Pangeran Puja Kelana makin asyik mengajaknya mengobrol tentang keseharian sang putra Patih tersebut.
Setelah kira-kira beberapa lama,
putra Patih itu merasa amat lapar. Barulah
Pangeran Puja Kelana menghidangkan
sebuah piring berisi tiga potong singkong
rebus. Melihat hal itu, putra Patih berkata,
"Hanya ini makanan yang dihidangkan?
Maafkan hamba Pangeran, ini tidak bisa
mengganjal perutku yang sudah amat
lapar. Kalau hanya seperti ini, lebih baik
aku makan di rumah saja." Ia langsung
pamit pulang.

Pangeran Puja Kelana diam saja melihat sikap putra Patih itu. Dalam hatinya ia berkata bahwa putra Patih itu bukanlah orang yang baik karena ia tidak sabar dan terkesan sombong. la tidak bisa dijadikan teman sejati.

Pada kesempatan berikut nya, Pangeran mengundang makan putra seorang pemuka agama. Sebagaimana tamu-tamu undangan lainnya, putra pemuka agama itu amat gembira karena mendapat kehormatan untuk menikmati hidangan bersama Pangeran. Bahkan, ia sengaja mengosongkan perut, tidak menyentuh secuil makanan pun selama
sehari semalam. la berpikir bahwa ia akan menikmati hidangan lezat. Dengan begitu, nafsu makannya akan terpuaskan.

la berangkat ke kerajaan dengan penampilan terbaiknya. Sesampainya di kerajaan, ia mendapat sambutan ramahdari Pangeran. Tak lama kemudian,keduanya hanyut dalam perbincangan. Putra pemuka agama itu makin merasa lapar, perutnya keroncongan. Kemudian, sang Pangeran segera mengeluarkan tiga potong singkong rebus di atas  piring. Setelah itu, ia pamit sebentar hendak mengambilkan minum. Setibanya
Pangeran Puja Kelana kembali ke meja makan, piring itu sudah kosong. Ketiga
potong singkong rebus itu sudah dimakan
oleh putra pemuka agama.

"Maaf, Pangeran. Singkong itu kumakan
semua karena aku sudah amat lapar," kata
putra pemuka agama itu seraya menahan
malu. Kemudian, ia berpamitan hendak
pulang. Dari situ, Pangeran Puja Kelana
tahu bahwa putra pemuka agama itu adalah
orang yang tidak setia. la pun tidak bisa
diajak berbagi suka dan duka. Ia bukanlah
sahabat yang baik.

Pangeran Puja Kelana hampir putus asa.la me rasa jenuh karena tidak jua menemukan
sosok sebagai mana yang dititahkan Ramandanya. Sampai akhir nya, Pangeran
Puja Kelana memutuskan untuk keluar istana
demi menemukan sahabat sejatinya.

la pun menyamar menjadi pemuda
biasa. Hari-hari berikutnya, ia lalui
dengan keluar masuk hutan belantara,
menembus rimba, menentang alam
yang tidak bersahabat. Waktu berselang,
tubuh Pangeran Puja Kelana makin kurus.
Wajahnya pucat pasi. la tak tahan menahan
rasa letih akibat perjalanan jauh. Namun, ia
tak kunjung jua menemukan orang yang
dicarinya. Hampir saja ia menyerah.

Tiba-tiba, ada seorang pemuda
sedang menggendong tas anyaman
pohon bambu di punggungnya tampak
berjalan menghampirinya. Melihat kondisi
Pangeran yang payah, pemuda itu segera
membimbingnya menuju gubuk miliknya.
Sesampainya di sana, Pangeran dipersilakan
beristirahat, sementara ia sendiri sibuk
menanak nasi jagung dan memasak air.
Setelah semuanya selesai, Pangeran Puja
Kelana diajak makan bersamanya. Keduanya
makan dengan lahapnya meskipun hanya
nasi jagung dengan lauk ikan teri yang
dihidangkan di balai bambu.

Setelah selesai makan, keduanya
saling bertanya nama masing-masing.
"Siapa namamu?" tanya Jaka Kembara,
pemuda yang menolong Puja Kelana.

"Namaku Puja Kelana. Aku seorang
pengembara. Siapakah namamu?” timpal
Puja Kelana.

"Namaku Jaka Kembara. Aku seorang
tabib. Sehari-hari aku pergi memasuki hutan
untuk meramu dedaunan dan akar-akaran
serta tanaman yang berkhasiat obat."

Keesokan harinya, Puja Kelana bersamasama dengan Jaka Kembara pergi ke hutan. Mereka mengumpulkan bahan-bahan obat. Sepanjang per jalanan, tak henti-hentinya Jaka Kembara menjelaskan pada Puja Kelana tentang khasiat dari dedaunan, akar-akaran, dan tanaman yang berhasil dikumpulkan.

Waktu berselang, Puja Kelana makin betah hidup bersama dengan Jaka Kembara, karena Jaka Kembara mengajarinya bermacam-macam hal yang belum diketahuinya selama ini. Mulai dari meramu obat, memasak nasi jagung,berenang, memanjat pohon, memanah, sampai dengan mengenali perubahan cuaca di hutan.

Suatu hari, Puja Kelana berpikir sudah saatnya ia kembali ke kerajaan. la bersiapsiap
hendak melanjutkan perjalanannya kembali. Kemudian, ia berpamitan pada Jaka Kembara. la pun mengucap pesan,
"Jaka Kembara, sahabatku, terima kasih
atas semua kebaikanmu. Terimalah cincin
ini sebagai tanda terima kasihku. Jika kau ada waktu, pergilah ke kerajaan kemudian tunjukkan cincin ini pada penjaga pintu gerbang, pastilah mereka akan mengantarkanmu padaku. Aku  pamit." Dalam sekejap, Puja Kelana hilang dalam pandangan Jaka Kembara.

Hari berganti minggu, minggu berganti
bulan, Puja Kelana gelisah menantikan
kedatangan sahabatnya, Jaka Kembara.
Hingga suatu hari, seorang pengawal
datang di hadapan sang Pangeran Puja
Kelana dan mengatakan kepadanya
bahwa ada seorang pemuda bernama
Jaka Kembara sedang berada di luar
menanyakan dirinya. Segera Puja Kelana
menyongsong sahabatnya.

Jaka Kembara amat terkejut mendapati bahwa ternyata Puja Kelana adalah seorang Pangeran. la menjadi rikuh dan kaku. Mengingat kebaikan dan kerendahan hati Puja Kelana, ia mencoba bersikap tenang. Puja Kelana pun bersikap biasa seperti ketika dahulu mereka bersama.

Keduanya asyik melepas rindu di kamar Puja Kelana. Lama sekali keduanya saling bertanya kabar. Akhirnya, Puja Kelana mengeluarkan piring berisi tiga potong singkong rebus. Kemudian, keduanya memakan singkong tersebut masing-masing sepotong. Kini, singkong itu tinggal sepotong. Puja Kelana menunggu apa yang hendak dilakukan sahabatnya. Jaka Kembara mengambil potongan terakhir singkong tersebut kemudian membaginya menjadi dua bagian dan memberikan yang sebagian kepada Puja Kelana. Melihat hal itu, Puja Kelana menjadi terharu. la tak kuasa menahan tangis bahagia karena ia telah
menemukan sahabat sejatinya, yaitu orang yang setia, lapang dada, bisa dipercaya, dan benar-benar bisa berbagi baik di kala suka maupun duka.

"Jaka Kembara kaulah orang yang selama ini kucari. Kaulah sahabat sejatiku," kata Puja Kelana sambil memeluk sahabatnya.

Tak lama setelah kejadian itu, Puja Kelana dinobatkan menjadi Raja dan Jaka kembara pun mendapat kepercayaan untuk menjabat sebagai Patih. Keduanya saling bahu-membahu dalam mengemban amanat. Mereka pun hidup bahagia sampai akhir hayatnya.

Sumber: 21 Cerita Moral dari Negeri Dongeng
Yogyakarta, Rumah Kata, 2005

Naskah drama pendek
"Cermin Penunjuk Sifat Buruk"

Suasana di kamar seorang ratu sebuah kerajaan. Di kamar tersebut, banyak sekali
cermin besar terpasang di dindingnya. Matahari baru saja terbit dan sinarnya masuk
ke kamar mem bangunkan sang Ratu dari tidurnya. Ia segera bangun dan menghampiri salah satu cermin yang terpasang di dinding kamarnya. Sang Ratu tersenyum melihat bayangannya sendiri. Ia lalu duduk di atas tempat tidurnya. Ia mengambil sebuah cermin kecil bergagang yang tergeletak di atas sebuah meja. Ia memandangi bayangan dirinya sambil tersenyum. Tanpa sengaja sang Ratu menjatuhkan cermin yang dipegangnya, dan cermin itu pecah. Sang Ratu kaget dan marah.
Ratu             : "Pengawal… cepat ke sini!" (Dua orang pengawal datang tergopoh).
Pengawal 1    : "A-ada apa, Ratu?”
Ratu             : (menunjuk ke bawah) "Kau lihat, satu cermin milikku pecah, kalian harus segera mencari penggantinya!"
Pengawal 2    : (kebingungan) "Ke mana kami harus mencari nya, Ratu?"
Ratu             : "Aku tak mau tahu! Cepat kalian cari lagi cermin untuk ku!"

Kedua pengawal itu lalu segera pergi ke pasar kota. Suasana pasar kota ramai. Kedua pengawal berjalan menuju toko tempat sang Ratu biasa membeli cermin. Di sana mereka segera menghampiri seorang bapak tua yang juga pemilik toko.

Pengawal 1    : "Kami sedang mencari sebuah cermin untuk sang Ratu. Dapatkah kau membantuku?"
Pemilik toko   : "Sebuah cermin? Bukankah sang Ratu telah me miliki banyak cermin?"
Pengawal 2    : "Tapi sekarang, sebuah cermin nya pecah dan sang Ratu ingin mendapatkan penggantinya."
Pemilik toko   : "Oh maaf, Tuan! Sejak dibeli oleh Ratu, cermin di sini sudah habis."
Pengawal 1    : "Jadi, di mana lagi kami bisa menemukan toko yang menjual cermin?"
Pemilik toko   : (kebingungan) "Entahlah, aku pun sedang kesusahan mencari
persediaan cermin untuk dijual.”

Kedua pengawal itu lalu keluar dari toko cermin. Wajah mereka penuh kebingungan. Ketika sedang berjalan, mereka tanpa sengaja melihat seorang pemuda yang sedang duduk di bawah pohon. Di dekatnya, bersandar sebuah cermin dengan bingkai kotak dari kayu. Kedua pengawal menghampiri pemuda itu.

Pengawal 2    : "Apakah cermin itu akan kau jual?"
Pemuda         : (menoleh ke cermin di sampingnya) "Benar Tuan, tapi sejak tadi tak
juga ada orang yang mau membeli."
Pengawal 1    : (tersenyum) "Kau mujur, sang Ratu akan membeli cerminmu."
Pemuda         : (kaget) "Tapi, tuan cermin itu bukan cermin biasa. Aku takut sang
Ratu tidak menyukainya."

Pengawal 1    : ( b e r k a t a s a m b i l membentak) "Cermin,
ya, tetap cermin. Apa bedanya?"
Pengawal 2    : "Sudahlah, kau ikut kami saja ke istana."

Si pemuda lalu berjalan menuju istana. Setibanya di istana, kedua pengawal tersebut segera mengantarkan si pemuda ke hadapan Ratu.
Ratu             : "Apakah cermin itu milikmu?"
Pemuda         : (berkata dengan takut takut) "Benar Ratu, tapi hamba ragu kalau
Ratu menyukai cermin ini."
Sang Ratu menghampiri cermin milik pemuda tersebut. Ia segera berkaca.
Tapi tiba-tiba, mukanya berubah pucat pasi.
Ratu             : "Hah…"
Pemuda         : (berkata sambil menunduk) "Maaf Ratu, cermin itu memang
bukan cermin biasa. Cermin itu dapat menunjukkan sisi buruk seseorang."
Ratu             : (memandang ke arah pemuda) "Lalu, apa maksudnya cermin itu
me nunjukkan ada banyak ulat di wajahku?"
Pemuda         : "Ulat itu adalah lambang dari keserakahan Ratu."
Ratu             : (marah) "Kau ingin bilang kalau aku serakah?"
Pemuda         : "Hamba hanya mengingatkan. Selama ini, Ratu sering membeli
barang berlebih walaupun se benarnya tidak begitu penting."
Ratu             : "Aku memang mempunyai banyak cermin. Apakah itu serakah?"
Pemuda         : "Hamba tahu, tanpa cermin pun Ratu tetap terlihat cantik. Tapi,jangan sampai itu membuat Ratu lupa akan rakyat yang Ratu pimpin."
Ratu             : (terdiam sejenak mendengar jawaban pemuda. Ia tersenyum) "Kau
benar anak muda. Aku memang telah me lupakan tanggung jawabku
kepada rakyat. Apakah aku harus membuang semua cermin milikku?"
Pemuda         : "Lebih baik diberikan kepada rakyat saja. Agar setiap kali mereka
bercermin, mereka akan selalu teringat pada Ratu mereka yang bijaksana."

Ratu mengangguk-angguk. Ia bahagia mendengar jawaban pemuda tersebut

Ratu             : "Lalu, bolehkah aku meminta cermin milikmu ini?"
Pemuda         : "Untuk apa? Bukankah cermin ini dapat membuat Ratu takut?"
Ratu             : "Dengan cermin ini, aku berharap dapat memperbaiki sisi buruk
yang ada dalam hatiku."

Pemuda itu tersenyum dan memberikan cerminnya pada sang Ratu. Sejak saat
itu, tak ada lagi seribu cermin yang menghias istana sang Ratu. Hanya ada satu
cermin yang tersisa di istana, yaitu cermin penunjuk sifat buruk.
Naskah drama ini adalah hasil pengubahan dari cerpen

Sumber: Bobo, 22 Februari 2007

TARZAN & JANE
SOLEMAN  Guru di Serpong

Rombongan pemburu dan pencari harta karun menyusuri hutan belantara . Seorang gadis cantik berada diantara mereka. Jane begitu panggilan untuk anak gadis setengah baya itu . Ia memang selalu ikut serta berburu bersama Ayahnya yang seorang pemburu.
Tiba-tiba rombongan pemburu tersebut terhenti,dikejutkan oleh suara dari balik semak-semak,dengan senapan yang siap mengarah kesumber suara. Tapi alangkah kagetnya mereka ,ketika yang nampak hanya seekor monyet kecil sambil garuk-garuk kepala.”Ah, dasar monyet sialan bikin kaget orang saja!” Kata orang yang berkulit hitam pekat. “ Tapi alangkah kaget tak terkiranya ,karena monyet kecil itu ternyata memanggil rombongan Gorilla dengan bahasa permonyetan yang tak dipahami para pemburu itu. Para pemburu lari pontang-panting menyelamatkan diri karena takut dimakan oleh Gorila penguasa hutan.
Rombongan pemburu lari kocar-kacir. Masing-masing menyelematkan dirinya. Jane terpisah dari rombongan dan Ayahnya. Dia terus berlari walau kakinya terasa berat dan kehausan. Jane tak sadar tergolek di bawah pohon besar di hutan tersebut. Tak disadari sepasang mata memperhatikan gadis cantik tersebut. Mahluk aneh itu keluar dan mendekati Jane yang tak sadarkan diri. Mahluk yang hampir mirip dengan gorila yang mengejar-ngejar para pemburu. Mahluk aneh tersebut terus mendekati Jane. Suara aneh keluar dari mahluk setengah kera tersebut. Jane kaget bukan kepalang ketika ia sadar dari pingsannya.
Inilah awal ceritanya. Terjadilah dialog aneh dan tingkah lucu sang mahluk aneh tersebut yang mengatasnamakan Sang raja Rimba alias Tarzan. Begitulah perkenalan Jane dan Tarzan . Jane yang lapar meminta makanan karena ia lapar dan haus. Tarzan mau mengambilkan makanan untuk Jane tapi dengan syarat. Akhirnya Jane menyetujui syarat yang diajukan Tarzan. Apakah syarat yang diajukan oleh Tarzan kepada Jane? Jane mengira bahwa ia akan dijadikan sandera oleh mahluk setengah monyet yang mengaku Tarzan ini. Ternyata perkiraan Jane tak ada yang tepat. Apakah kira-kira pembaca yang menjadi syarat yang diminta oleh Tarzan? Ternyata Tarzan adalah manusia yang sudah lama tersesat di hutan dan ingin pulang juga ,karena ia juga memang tidak tahu jalan keluar dari hutan tersebut !. he...he...he...he....
Jane pun melarikan diri dan meninggalkan Tarzan dan tak memperdulikannya.
Tarzan menagis sambil merengek - rengek tak ada yang peduli ....Wou..ouu   uuuu.....hu...hu.... Tarzan menangis ............kaciaen dech Lhooo...
(“jadi monyet deh gue jika kelamaan di sini. “ pikirnya dalam hati sambil tetap meraung-raung menangisi diri.)( Resta Fauzie )
Achmad Hilmy Azizi , ane biasa di sapa oleh teman-teman sih hilmy aje. Lahir di Tangerang , 12 Maret 1999 pada malam Jum’at , iih ..., seremm tau ! Ane besar dan bersekolah di Serpong daerah paling selatan dari Tangerang. Ini cerpen yang ane buat waktu kegiatan mengisi liburan.

LOMBA MEMANCING
Di suatu hari, tepatnya hari jum’at sore aku dan ayah bangun dari tidur siang. Ayahku ingat bahwa dia harus mempersiapkan tempat untuk pertandingan memancing besok. Akhirnya   kami berangkat ke tempat pemancingan di dekat rumah kami yaitu di rumah makan “Air Park“ di Bermis. Sebelum pergi ke sana kami pergi ke Perumnas Kopri dahulu menjemput teman ayahku  namanya Om Deri, lalu kami berangkt kesana. Di tengah jalan ayah saya melihat tempat alat-alat pancing dll. Kami berhenti untuk membeli pakan mancing dan pelampung untuk alat pancingku yang baru beli minggu kemarin.setelah selesai kami melanjutkan perjalanan lagi.
Setelah sampai kesana aku,ayahku,dan teman ayahku langsung memeriksa kolam yang di pesan kemarin.Saatnya memasukan ikan yang sudah di pesan kemarin dan dimasukan kedalam kolam.Ada 3 ikan yang beratnya sangat besar ,yang pertama ikan yang beratnya 1,5kg ada 10 ekor,yang 2kg ada 8 ekor,dan yang 3,5kg ada  1ekor dan ditambah ikan yang sudah ada disana(kolam).Setelah selesai memasukan ikan kami langsung pulang agar tidak telat besok.
      Keesokkan harinya pukul 06.00 a.m. Ayahku mengantarkan Aku dan Ibuku ke sekolah.Setelah pulang sekolah aku langsung menaiki jemputanku untuk pulang.Sekitar pukul 01.30 p.m. Aku langsung ganti baju dan shalat .setelah itu Aku dan Ayahku pergi ke kantor Ayahku di AL-Azhar BSD.untuk memanggil teman-teman Ayahku karena kebanyakan belum tahu tempat itu.
       Sampai disana Ayahku dan temannya mengumpulkan uang hadiah juara 1,2,dan3.juara 1 hadiahnya Rp.100.000,juara 2 Rp 80.000,dan juara 3 Rp 50.000.Sedangkan uang yang ada Rp 280.000.sedangkan jumlah hadiahnya Rp 230.000.sisanya nanti untuk panitia  yaitu Ayahku dan Om Deri.Ayahku dan Om Deri tidak boleh ikut karena mereka panitia.Akhirnya Aku yang ikut mewakili ayahku dan teman ayahku.ayahku memberikan pengumuman.yaitu sebagai berikut:
1.waktu permainan 3 jam selain itu bayar sendiri.
2.juara dihitung dari banyaknya ikan yang ditangkap
        Baru kali ini aku ikut lomba memancing.saat kail ke kolam aku terlalu bersemagat hingga kail itu meyangkut keatap.aku tarik  malah lumbung itu ketarik 1 ikat. Lemparan berikutnya aku lempar pas ke kolam aku dapat ikan ke 6 ku saat aku tarik perlawanan ikan itu sangat kuat hingga tali pancingku putus.akhirnya 3 jam pun selesai,aku dapat 18 ekor,pak andy dapat 20 ekor,dan babeh dapat 24 ekor.jadi juara 1 babeh,juara 2 om andy,dan juara 3 aku (By.Achmad Hilmy Azizi).

Maliya shofa febriana. Lahir di Tanggerang , 15 februari 1999. Sekarang saya duduk di kelas vB  SDN Cilenggang 2. Saya tinggal di GSA b8/9 Suradita Cisauk
                                       Dunia Fantasi
Waktu libur sekolah aku dan keluargaku pergi ke Dufan . sebelum berangkat aku dan keluargaku menyiapkan barang barang yang diperlikan .Sewaktu di perjalanan aku dan keluargaku melihat pemandangan yang indah .
Ketika sampai di Dufan aku dan keluarga langsung membeli tiket untuk kami sekeluarga  bisa masuk , setelah membeli tiket aku dan keluarga ku diperbolehkan masuk sebelum masuk tangan kiri aku dan keluargaku diberi cap  yang bergambar Dufan . Setelah dicap kami sekeluarga diperbolehkan masuk .
               Setelah masuk aku dan keluarga melihat banyak sekali para pengunjung . Nanang melihat badut yang berjualan makanan dan minuman Aku dan Nanang pun membelinya . setelah membeli berbagai makanan dan minuman aku langsung ingin membeli tiket untuk bisa menaiki bianglala . ibuku pun membeli tiket untuk dapat menaiki bianglala. Satu  tiket dihargai 10.000 yang naik hanya Nanang dan Ayah ku saja. Aku  dan Ibuku menunggu di bawah bianglala pun selesai , aku ingin sekali untuk bisa menaiki halilintar karena ayah ku tak berani jadi yang naik hanya aku dan ibuku . ayah dan nanang menunggu dibawah ,teryata pusing juga karena halilintarnya muternya terbalik terus, jadi kayak “pengen” jatuh halilintar pun selesai aku dan ibuku menyusul Ayah dan Nanang .
            Ibuku sebenarnya ingin sekali menaiki arung jeram  . ayah ku langsung membeli tiket untuk biasa menaiki arung jeram . setelah ayah ku membeli tiket kami sekeluarga diperboleh kan masuk . setelah masul ternyata arus nya deras sekali . pelampung pun dipasang supaya nanti di kalau jatuh tidak tenggelam .
          Pada jam 05.00 aku dan keluarga pulang Karena sudah mau magrib  aku dan keluarga pun pulang .
Sebelum pulang aku dan keluarga pergi ketaman jajan karena seharian sudah main main sekarang giliran mengisi perut alias makan . aku dan keluarga memesan makan special , dan minuman special .
               Saat perjalanan pulang aku dan keluargaku mampir dulu ke rumah sakit karena Ibu ku ingin menagmbil barang barang belanjaan . ketika sampai di rumah aku dan nanang langsung mandi dan berganti baju …
          Sampai disini dulu ya perjumpaan kita DA...DA...AAA....DA….. ( Gunakan tanda baca dan huruf yang tepat untuk nama orang )

Cloud Callout: Begaya dikit ,ah.
ponakan dedi 2
Briant Kemal Muhammad , ane punya nama begitu. Lahir di Jakarta, 16  Juni 1999
Alamat Rumah                :  Kp Suradita Rt.04/01  Ds. Suradita,  Kec. Cisauk – Tangerang.. saya bersekolah di SDN  Cilenggang   2
Kelas V ( Lima ) B, bercita –cita ingin menjadi Dokter Gigi. ( tadinya sich ingin jadi dokter kandungan).

Text Box: Outbond

Dikelas Lima ternyata banyak sekali kegiatan yang menyenangkan, Salah satunya adalah Outbond. Kegiatan tersebut kami lakukan pada semester  satu kemarin. Tempat Outbond  berada di daerah Ciseeng Bogor. Sebelum berangkat outbond, banyak sekali hal-hal yang harus kita persiapkan, seperti izin orang tua, bekal dalam perjalannan, serta persiapan fisik kita.
Setelah semua persiapan lengkap barulah saya dan teman – teman memulai perjalanan. Dari sekolah perjalanan dimulai kira-kira pukul 07.00 pagi sampai ditujuan kurang lebih pukul 09.00  pagi, ternyata perjalanan yang kami lewati tidaklah mulus, banyak sekali kerusakan disana sini, aspal yang rusak dan lubang – lubang yang sangat mengganggu pengguna jalan.
Sesampainnya ditujuan, kami disambut pegawai dengan ramah, mereka menghidangkan berbagai makanan dan minuman.. Tanpa sungkan saya dan teman – teman menikmati hidangan tersebut sampai perut kami terasa kenyang.( dua mangkok baso habis,..eh mau nambah,tapi..). Sesudah mengisi perut, saya, Ambo, dan teman teman yang lain segera ke arena permainan. Semua permainan kami coba, juga dengan kegiatan yang lain, tapi yang paling mengesankan bagi saya adalah saat memerah susu sapi, saya seperti menarik – narik benda yang kenyal ketika memerah susu.( iih...lucuu,..dech ,kayakmya )
Karena semua kegiatan kami ikuti, maka badan kami pun jadi kotor, oleh kakak pembina kami diperintahkan untuk membersihkan badan kami terasa segar dan nyaman sehabis dibilas dengan air. Setelah berganti baju terdengar pengumuman untuk berkumpul dilapangan bagi semua peserta. Ternyata kami diberi seekor ikan untuk kenang – kenangan. Meskipun tidak semua peserta berhasil menangkap ikan tetapi semua peserta akhirnnya memperoleh ikan tersebut. Acara selesai, Selanjutnya kamipun pulang dengan hati gembira membawa pengalaman yang indah.

Anisah Mufidah, 17 – 03 – 1999 Aku nongol ke dunia ini. Ane sekolah di SD Negeri Cilenggang 2, biasa mejeng di kelas VB.Istana ku berada di Griya Serpong Asri Blok I3 No.17 dengan keluarga yang damai. Jadi dokter adalah cita-cita ku nanti. Do’ain ya, semoga tercapai . Aminn.
Buat teman-teman se-SD , inilah hasil tulisanku yang telah disadur sama guru kelasku. Selamat membaca dech!
                                     “MURBAY BRIANT”
                Pada tanggal 6 April semua teman-temanku pergi belajar kelompok ke rumah Briant. Ketika semua anggota kelompok Best Friend Forever sudah sampai ke rumah Briant, kami semua menyelesaikan tugas dari guru kami. Kita belajar dengan tenang dan saling bertukar pendapat jika tidak mampu untuk mengerjakan.
                Setelah belajar, kami semua mencari buah yang namanya Murbay. Kami semua mencari tahu dengan orang yang tinggal disana. Ternyata, temanku yang bernama Elga mempunyai Bibi yang tinggal disana. Kami langsung mencari tahu keberadaanya buah tersebut. Ketika sampai dirumah Bibinya Elga, kami langsung menanyakan kepadanya dimana pohon buah Murbay itu berada. Dian menjawab “Pohon Murbay itu berada di depan halaman “. Lalu kita semua meminta ijin kepada orang yang memilikinya. Kami bertanya lagi “ Siapa pemilik pohon ini ?”. Lalu dia menjawab “Saya yang memiliki pohon ini !”. “ Boleh tidak kami minta,Bu ? “. Kami semua langsung meminta ijin. Ternyata boleh ! Kami semua langsung makan buah Murbay itu sepuasnya. Tapi sebelum makan, salah satu orang harus ada yang memanjat untuk mengambil buah Murbay. Orang yang memanjat pohon Murbay adalah Nico. Dia adalah seorang anak yang tinggal disana. Kami semua makan buah Murbay di rumah Briant. Sebelum dimakan, buah harus dibersihkan terlebih dahulu, lalu dimakan.
Setelah makan buah Murbay kami langsung membereskan buku yang telah bergeletakan di rumah Briant. Setelah itu, kami semua pulang, sebelum pulang kami harus mengucapkan terima kasih kepada Briant.Lalu kami semua pulang.  Makasih ya,Briant buah murbaynya. Begitulah sebelum kami semuanya pulang ke rumah masing-masing. Daaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaag.
06112009476
Jalan - Jalan  ke  BandungSeptian Imam Nugraha. Tyan biasa aku disapa sama teman-temanku. Aku tinggal di Bumi Puspiptek Asri Sektor V – J No. 17 Pagedangan,dan Aku bersekolah di SD Negeri Cilenggang 2,sekarang aku duduk di kelas  Kelas V B.

Sewaktu liburan sekolah, keluarga saya berencana untuk berjalan- jalan ke Bandung, saya dan keluarga saya menuju ke tempat penginapan yang di bukit paling ujung, sehingga kota Bandung terlihat di atas bukit. Di atas bukit itu, sangat dingin sekali,tetapi saya tidak membawa jaket, jadi saya kedinginan sehingga badanku dingin seperti es.
        Esok harinya kami sekeluarga pergi ke rumah saudara yang berada di dekat Taman makam pahlawan Cikutra. Jalan menuju ke sana sangatlah  sempit ,sehingga mobil tidak dapat masuk, hanya motor saja yang dapat masuk  ke dalam jalan itu. Ternyata kami sekeluarga harus jalan ke dalam jalan yang sempit itu.
         Ternyata rumah saudara tidak terlalu jauh dari tempat parkir mobil. Saya sekeluarga membawa barang-barang untuk menginap di rumah saudara saya. Waktu malam saya menyetel kaset naruto yang sangat seru, sehingga saya tidur larut malam.  Jam  tujuh pagi, sewaktu saya bangun saya merasa ngantuk ingin tidur, tetapi hari sudah pagi saya tidak boleh tidur.
       Kami sekeluarga memang tidak lama,esoknya  hari kami sekeluarga bersiap untuk pulang kerumah. Saya   merasa sangat sedih, karena ingin lebih mengetahui kota Bandung yang sangat indah. Sewaktu dijalan, keluarga saya berhenti di tempat istirahat di pinggir jalan, Di tempat istirahat, saya dan keluarga membeli oleh-oleh berupa kerajinan tangan dan kue khas Bandung. Karena  sangat beragamnya makanan khas Bandung membuat kami sekeluarga bingung, Kami membeli sekedarnya sebagai oleh-oleh di rumah nanti. ( Gunakan kata dan kalimat se-efektif mungkin, karena kamu mengerjakannya di computer lebih mudah untuk mengeditnya.)

Maulana Rafii K.  Lahir di Tangerang, 26 Maret 1999 bersekolah di SDN Cilenggang 2. Aku sekarang tinggal di griya serpong A2/9 kademangan

Pantai Carita Penuh Cerita

Pagi –pagi sekali kelurgaku sudah bangun karena hendak pergi ke Pantai Carita hari ini. Ayahku  mendapat urutan Bis ke 12 sebagai mobil keberangkatan. Kami  sarapan dirumah sebelum pergi ke tempat pemberangkatan.ayah memasukan semua perlengkapan ke dalam bus. Kareana Beliau menjadi panitia, ayahku keluar mendaftar peserta dan mengecek semua peserta tour.Di jalan panitia mengadakan undian dourpres ada yang dapat tas ,topi ,dll .
Tak lama kemudian sampailah kami semua di Pantai Carita. Saat diparkiran  semua pada turun dari bis aku, dan kakakku ganti baju untuk berenang dipantai aku bermain pasir, lalu kakakku mengajak ke tengah. Aku  tidak mau karena mengerikan. Ayahku mengajak naik perahu, aku kedinginan karena belum mengeringkan badan, Saat ingin bilasan temanku Ambar ingin mencari orang tuanya untuk bilasan, ternyata orang tuanya lagi beli baju,setelah bilasan aku makan, aku membeli layang –lanyang, aku mundur - mundur menabrak anak - anak yang bermain layang – layang juga, ternyata itu teman sekelasku namanya Daffiq, lalu  aku bermain dengan Daffiq sampai saatnya pulang Aku dipanggil untuk siap – siap untuk pulang, setelah sampai di kantor ayahku mengambil motor untuk pulang kerumah. ( cape dech ngeditnya ).
Text Box: Nama  :Rio Aprilio
Sekolah :SDN Cillenggang 2
 Alamat  :Cisauk
Kelas  :V B
Tgl lahir :09-April-1999
Hobi  :Bermain sepak bola

Mancing di Pondok Indah
        Pada hari libur, aku tidak pergi ke mana-mana. Tadinya aku dan keluarga akan pergi ke Bali, tetapi kata ayahku kita akan memancing saja. Ayahku menyiapkan peralatan untuk, seperti pancingan, umpan, dll.

Setelah menyiapkan semua peralatan, aku dan keluarga langsung pergi, ternyata ada paman ku yang hendak ikut, jadinya aku berangkat bersama saudara ku. Katanya aku akan memancing di Jakarta, tapi sayangnya aku lupa tempat pemancingan itu, tapi kalau tidak salah namanya Pondok Indah.
            Di tengah perjalanan adikku ingin membeli minuman aku,keluarga, dan pamanku melanjutkan perjalanan. Setelah 2 jam lebih aku sampai di pemancingan.Aku,keluargaku, dan pamanku langsung turun untuk memancing. Aku langsung masuk ke tempat pemancingan. Aku,keluargaku, dan pamanku akan memancing ikan patin. Ternyata kolam ikan patin ada paling di bagian belakang.
            Ayahku langsung mengeluarkan peralatan mancing. Ayahku langsung memberi umpan di pancingan. Setelah memberi umpan pada pancingan ayahku langsung memancing.
            Ayahku berkata ” ya tunggu ayah kasih umpan dulu!” ayah pun langsung memberi pancingan nya ke aku. Setengah jam kemudian ayahku mendapat ikan patin, ayahku dapat ikan patin yang sangat besar.
            Setengah jam kemudian giliran pamanku yang mendapat ikan patin, ikan itu sangat besar bahkan lebih besar dari ikan ayahku. Satu jam kemudian aku lapar, aku langsung mencari makanan, aku membeli mie goring, dan minumannya adalah es kelapa.
            Setelah aku makan, tidak terasa hari sudah menjelang sore.  Aku ,keluargaku, dan paman lekas pulang. Aku dan keluarga mendapat 12 ikan patin. Setelah di timbang ternyata beratnya lebih dari 12 kilo.
            Ditengah perjalanan aku angin membeli minuman, setelah membeli minuman aku kembali melanjutkan perjalanan. Di perjalanan aku ketiduran 3 jam perjalanan, aku di bangunkan oleh ibuku. Setelah aku di bangunkan, aku langsung cuci kaki,cuci tangan,dan ganti baju aku langsung tidur.( Ngorok deh sepuasnya ).

SIAPA SICH YANG POPULER?

Dua hari yang lalu, aku ‘Elchu’ baru pindah rumah dan sekolah. Sebenarnya saya berasal dari Thailand. Aku pindah ke Jakarta karena ayahku membuka bisnis ‘Bengkel PW Kodok’ di kawasan Jakarta Utara dan Ibuku membuka ‘Restoran Internasional’ didaerah Bogor. Padahal rumahku berada di Giri Loka BSD City, Tangerang Selatan.

Sebenarnya, Ayahku mengusulkan agar saya bersekolah di sekolah swasta tetepi Ibuku menolak usul Ayahku. Ibuku lebih memilih agar saya bersekolah disekolah Negri. Akhirnya aku disuruh memilih . saya memilih sekolah di SDN CILENGGANG 2.
Ketika aku mendaftarkan diri, saya mendapat kelas 5B. Pada saat aku pertama kali masuk, anak kelas 5B bengong dan heran dengan keberadaan aku di depan kelas. Setelah itu guru kelas 5B menyuruhku untuk memperkenalkan diri. Lalu ia berkata “ ayo, silahkan kamu memperkenalkan diri di depan teman-teman!” Kemudian, aku agak kagok memperkenalkan diri dengan Bahasa Indonesia malahan, aku bicara campur-campur dengan Bahasa Thailand sampai, teman-teman heran dengan adat bicaraku.
Nama wali kelasku adalah Bapak ‘Soleman’ atau biasa dipanggil Pak ‘Le’. Saat itu, saya disuruh dan dipersilahkan duduk bersama perempuan yang bernama Miftah. Selesai mengobrol, terdengarlan suara bel berbunyi. Ternyata itu istirahat! Yeeeyeeyeee…
Ketika itu, banyak anak perempuan yang berkenalan denganku. Ada 6 orang perempuan yang kenalan denganku yaitu: Ima cewek yang katanya suka benerin kerudung tiap 1 menit . anisa R orang yang katanya usil banget sama temannya, Miftah terkenal dengan rambutnya, Elga terkenal dengan kepintarannya. Fadillah terkenal dengan orang yang paling sering dicuekin saat dia ngomong, dan terakhir asima orang yang terkenal dengan lelucon dan cerewetny.l tapi, semuanya baik kok!
Setelah kami berkenalan, lalu teman-teman memberi tau apa saja yang ada disekolah ini. Tak lama kemudian, lewatlagh seorang cewek yang bernama Astari. Kelihatan dari mukanya sih sombong tapii, ah gak tau deh! Ketika sedang makan, Miftah membuka topic yang pertamatentang Astari. Miftah berkata “eh Elchu yang tadi lewatkan terkenal banget dengan cantik, kaya, dan kulitnya putih. Tapii dia sombong dan caper giitu deh! Dia juga gak mau berteman dengan kita ya gak semua?” temen-teman semua menjawab “ iya tuh betul banget!”
Akhirnya bunyilah bel tanda masuk kelas. Pada saat masuk kelas, memang sih Astari itu agak sombong dan caper? Tapiiii, sudahlah. Aku tidak boleh berpikiran seperti itu. Waktu pertama kali masuk sekolah saja, sudah mendapat teman cowok dan cewek yang bayak kecualiii, ya Astarilah pastinya kalo bukan dia siapa lagi?
Keesokan harinya saya sudah terbiasa dengan keadaan kelas dan sekolah ini. Lalu saya mencoba mendekati dan berkenalan dengan anak ‘populer’ Astari. Pertama-tama aku berkenalan dan ngomong panjang lebar tapi lagi tapi lagi aku malah di cuekin abis-abisanhuuh.. sebel banget deh! Tapi akhirnya aku bias melelehkan hati si anak ‘populer’ itu. Sudah 3 tahun 5 bulan persahabatan kami berjalan dengan lancer. Dan saya gak menyangka kalau aku bias bersahabat dengan anak popular dikelas. Dan terjawablah semua pertanyaanku tentang “ Siapa Sich Anak Yang Populer?’ jawabannya adalah Astari Asma D P M.( Kebaikan seseorang bukan diukur dari apa yang di lihat orang,tapi apa yang dia perbuat untuk orang lain )

AULADINA RAHMA SARI .Tanggal lahir:9-april;-1999
Kelas:v b Sekolah:SDN cilenggang 2

BULU TANGKIS YANG MENEGANGKAN

100504073303   Setiap tahun sekali di dekat rumah ku diadakan mengadakan pertandingan bulutangkis antar RT. Alhamdulillah, ke-Rt an dekat rumah  selalu menang. Dua  hari lagi pertandingan gabungan antara RT yang lainnya akan dilaksanakan,pertandingan di mulai pada malam hari,tepatnya hari sabtu.Hari-hari yang di tunggu pun tiba,’’untung saja besok hari libur jadi,aku bisa ikut menyaksikan pertandingan itu.’’pikirku dalam hati.
Di dalam perjalanan menuju lokasi aku dan ayah ku tidak sabar untuk menyaksikan pertandingan itu. Setelah sampai di lokasi semua pemai melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai pertandingan.Setelah semua siap. Tiba-tiba kursi yang di atas di atas pohon jatuh .BRAKKK…….!!!,semua orang yang berada di dekat lapangan kaget lalu om EDI satu pendukung dengan aku berteriak ‘’tanda kalah tu……tanda kalah!!’’ lalu teman ku laras mengucpkan’’om EDI exis …om EDI exis ‘’ lalu ada juga seorang ibu yang latah,ibu itu mengucapkan ‘’eh copot…copot….apaan tu yang copot??semua pun tertawa sampai-sampai pemain yang akan bertanding pun ikut tertawa cekikikan. Pertandingan pun  dimulai. babak 1-2 dapat di menangkan. ibu-ibu di dekat rumah ku pun ikut  menyaksikan dan berteriak-teriak dengan hebohnya. ’’ayo ….ayo……ayo’’habisin……habisin….habisin….( baso nkali di abisin).
   Pedukung dari lawan bernyayi sambil mengejek ‘’dasar ‘’kagak modal kagak punya alat musikk…!!!pendukung dari perum pun menjawab:’’biarin ajaaaa!!!!!!yang penting menang!!!kursi loe jatuh…..tanda-tanda pasti kalah!!!’’pertandingan babak terakhir yang sangat menegang kan pun tiba akhirnya yang jadi pemenangnya adalah perum;semua berteriak ye!...ye!!..ye..ye...yy.eye...menang.menang.menang,,,,,,smabil memutar-mutar jaket,aku dan laras pun tidak ikut ketinggalan aku dan laras ikut memutar-mutarkan jaket sambil berteriak-teriak ikut serta mendukung jalanya pertandingan seru tersebut.
Pertandingan itu adalah pertandingan yang tidak mungkin aku lupakan seumur hidupku. Pertandingan yang sangat berkesan dan sangat menguras emosi pemain dan penonton. Akhirnya pertandingan itu pun dapat terselesaikan hingga menjelang larut mala. Tapi kami semua puas dan bangga. ( Fair play donk, itu cara OR yang sehat cink. Kamu ada bakat untuk jadi penulis. Teruslah berlatih agar lebih baik lagi )

M.R Aditya, gue sih,..lebih ngeunah di sapa Adit . Ane nongol ke dunia pada 28 Mei 1999,gto loo....Tinggal di  GSA blok E 4/19 RT 3. Sekarang masih nongkrong di SDN Cilenggang 2 Kelas     V B.  Punya cita-cita sich ingin jadi Pembalap,gitaris,pemain voli, pokoke  semua oee gambar gravity,main sepak bola. Buaannyaak deh.

Pulang kampung

Liburan tahun lalu kelurgaku berencana untuk pulang kampung. Hari ini aku dan keluargaku akan membeli tiket untuk berangkat besok. Setelah sampai di rumah keluargaku menyiapkan apa yang harus di bawa besok. Aku sudah tidak sabar menanti hari esok.

Keesokan harinya aku dibangunkan oleh orang tuaku. Aku disuruh mandi, setelah aku mandi aku dan keluargaku lekas berangkat. Kita lekas berangkat ke terminal bus, ternyata bus yang kami hendak tumpangi sudah datang kami lekas naik. Aku harus menunggu sejenak karena hurus menuggu penumpang lain.

Bus sudah bisa berjalan, aku duduk paling depan. Didlam bus aku bermain HP sambil mengemil. Tidak terasa hari sudah mulai malam. Bus yang kami tumpangi berhenti untuk beristirahat. Disiu aku mengambil kesempatan untuk shalat. Bus pun kembali melanjutkan perjalanan, aku pulang kampung butuh waktu 1hari 1malam.Aku pun sampai di kantor kecamatan, saat aku sampai di kantor kecamatan ternyata sudah jam 4 pagi aku juga masih mengantuk. Aku dan keluargaku pun turun di situ, ibuku langsung menelpon saudara ku untuk menjemput kami dengan mobil.
            Akhirnya saudara ku tiba juga, aku sudah tidak sabar untuk bertemu dengan kakek dan nenekku. Setelah berjalan selama 15 menit akhirnya aku sampai di rumah kakek dan nenekku. Rasa lelahku telah hilang setelah berjumpa dengan kakek dan nenek.
            Hari kedua aku diajak mencari burung. Teman ku ini sangat ahli dalam hal mencari burung. Perjuanganku dan teman-temanku tidak sia-sia kami mendapatkan 1 ekor burung. Burung itu kami bawa pulang, setelah itu kami kasih makan, ternyata burung itu suka makan pisang.
            Aku dan keluarga cuma lima hari, aku dan adik sepupuku ikut kakeku pergi keladang untuk mencari rumput. Tidak terasa sudah hari ke empat. Siangnya aku bersama teman-teman untuk bermain volli. Lalu aku minum es kelapa muda, sedangkan  ibu dan bapaku membeli tiket untuk perjalan besok.
            Sudah hari kelima aku dan kelurgaku segera pulang. Sebenarnya aku masih ingin tinggal di kampung tapi karena lusa aku akan bersekolah jadinya aku pulang.( Wue...hhhh,.. boleh juga ! )

Text Box: Stop press
USBN. Ujian sekolah kelas VI selesai sudah. Hilang rasa khawatirku dan semua teman-teman ku. USBN yang menakutkan dan menjadi polemik di negeri ini ternyata dapat kami lalui dengan sabar dan rajin belajar tentu tidak mengalami masalah dan kendala dan tidak menakutkan seperti bayangan kebanyakan teman-temanku. Bingung juga menentukan pilihan masuk ke sekolah lanjutan pertama, karena ditentukan oleh hasil USBN.
Ada segumpal keraguan yang menyelimuti perasaanku ketika terdengar gunjang-ganjing ketidakjujuran pelaksanaan USBN yang diekspos oleh media masa, tapi apakah benar semua itu banyak terjadi?
Flowchart: Punched Tape: Jual segala macam kebutuhan sekolah AndaMau pasang iklan? Hubungi nomor kontak ini !

FAUZIAH AMBARINI . itulah nama lengkapku.   sekarang aku duduk di kelas 5B. Nongol ke dunia pada tanggal, 28 Mei 1999 . SDN Cilenggang 2 tempat aku bersekolah.
         Alamatku JL.Sunan Ampel 2 blok A1 no 5. Aku ingin jadi Dokter nanti jika Tuhan meridhoi cita-cita ku.  Punya hobby Menggambar

TAMASYA  KE PANTAI  ANYER
        Setahun yang lalu,tepatnya pada hari Sabtu keluarga tanteku sedang ada  diruang tamu.Ternyata,keluarga tanteku sedang mendiskusikan untuk bertamasya.Kata saudaraku kita Tamasya Ke Pantai Anyer. Semua keluaga tanteku setuju kalau kita Tamasya Ke Pantai Anyer. Kata Omku kita berangkat hari Minggu pagi saja. Malam harinya keluaga tanteku langsung mempersiapkan persipan untuk berangkat besok.

Keesokan harinya,keluarga tanteku sudah siap untuk bertamasya. Keluaga tanteku berangkat jam 08.00 pagi.Keluarga tanteku berangkat menggunakan mobil.Di tengah perjalanan aku dan saudaraku bercanda didalam mobil.Pada jam 11.00,sampailah keluaga tanteku di Pantai Anyer.Omku langsung memarkir mobilnya.Setelah,menunggu omku memarkir mobil kami semua langsung masuk dan mencari tempat. Setelah maendapat tempat kami semua langsung mengganti baju.Setelah,mengganti baju kami semua langsung berenang.

Aku dan saudaraku mencari penyewa ban karena kami ingin menyewa ban. Setelah,mendapatkan ban aku langsung berenang mengikuti omku.Ternyata omku berenangnya
ditengah –tengah pantia.Ombaknya sangat besar.Untung aku dan saudaraku sudah menyewa ban jadi aku tidak akan tenggelam. Kami semua langsung kembali kepesisir pantai. Ternyata omku menyewa kapal untuk melihat pemandangan disekitar Pantai Anyer.

Setelah,menyewa kapal  aku langsung naik banana boat  Aku dan saudaraku memakai pelampung supaya tidak tenggelam. Tiba-tiba banana boat terjatuh kami semua pun ikut terjatuh tapi tidak tenggelam. Setelah naik kapal dan banana boat aku langsung mencari tanteku.Ternyata tanteku sedang mempersiapkan makanan.Kami semua langsung makan.Setelah,makan kami semua langsung mandi dan mengganti baju .

Setelah,mengganti baju kami semua langsung pulang.Ditengah perjalanan aku tertidur karena kecapean. Sampai dirumah tanteku,aku bercerita kepada nenek dan kakakku.Tadi adalah pengalaman yang paling menarik dan seru.

DSC00078                   Sebut saja Faiza elviya itu adalah namaku . Kelas lima kelas yang sedang aku duduki sekarang ini.10 tahun umurku. Menulis , Menggambar , Memasak , Dan Menyanyilah hobiku tapi sayang aku selalu malu untuk bernyanyi didepan kelas !!!SDN Cillenggang 2 tempat aku menuntut ilmu.Pak Soleman Guru Faforitku.Kebetulan aku anak ketiga dari empat bersaudara jadi aku mempunyai 1 orang adik , dan 2 orang kakak yang semuanya waktu SD sekolah di SDN Serpong 1 dulu ,sekarang SDN Cillenggang 2.Ayahku berasal dari daerah Sumatra Barat ,sedangkan Ibuku dari Jawa Tengah . Kakak pertamaku sudah jadi Sarjana,Kakak keduaku sudah kuliah semester 2 ,Sedangkan Adikku baru kelas 3 SD .

Penghuni Pohon Jambu
          Sekarang ini , di tempat aku tinggal sedang heboh dengan berita seram yang beredar dari mulut ke mulut .Berita itu sudah sampai ke komplek – komplek lain .Berita itu membuat semua warga di komplek  tempat aku tinggal ketakutan .Tiada anak yang berani keluar saat malam hari apa lagi melewati pohon jambu di depan rumahku .Sampai – sampai warga komplek di tempat aku tinggal membayar iuran untuk membeli lampu yang mampu menerangi semua rumah di komplek tempat aku tinggal .
          Lampu itu di beli karena berita seram itu menyatakan bahwa : ada beberapa tetanggaku di tempat aku tinggal yang melihat setan di depan pohan  jambu di depan rumahku . Tetapi aku , dan keluargaku tidak percaya karena kami biasa tidur jam 22.00 wib , tetapi kami sekeluarga tidak pernah diganggu oleh nya . Karena keluarga kami percaya jika mereka tidak diganggu maka dia tidak akan mengganggu. Hingga tetangga didepan rumahku tidak berani lagi nongkrong di dekat pohon jambu di depan rumahku . ceritanya serem banget sich za?

Perselisihan antara Mawar dan Melati

Bel istirahat sudah berbunyi. Devi mengajak Mawar,Putri,Ika dan Marpu’ah- untuk makan bakso di belakang sekolah. “Selamat ulang tahun Devi.” ucap mereka kepada Devi. “iya sama-sama,udah pesan aja baksonya.” Ucap Devi.
Tiba-tiba Tio datang bersama kawannya yaitu Raha dan Zani. “aku makan di kelas saja deh!” kata Putri. ”kamu takut ya, ada Zani?” sambung Mawar. “nggak kok, ngapain takut sama dia, emang dia makan aku  apa?”  Putri marah. “ iya , aku cuma bercanda kok !” hibur Mawar.
Saat mereka asyik makan tiba-tiba, “ Jangan Devi, nanti aku ke pedesan!”. Keluh Tio. “ cowok kok takut pedes?” sambumg Devi. “ gak apa-apa, aku kok yang ngerasain.” Tio marah. “ hahahahahaha………..” mereka semua tertawa melihat Tio kepedesan. “ Kok malah tertawa sih, bukannya ambilkan aku minum!”  “ nih minumnnya anak Mami!” ucap Raha.
Mereka tertawa, sampai Marpu’ah tersedak.Tio berkata. “ syukurin, jangan ketawain orang, jadinya tersedak deh!” .  Melati melewati mereka yang sedang makan sambil tertawa. “Nyeebeliiinnn banget sih. “ kata Melati kepada Ina. “ udah Melati, orang yang kayak Mawar jangan ditemenin.” Hibur  Ina. Lalu, Melati memandangi Mawar dengan pandangan yang tajam.
“ Duh, gimana nih, pasti Melati marah sama aku!”. Mawar gelisah. “ jangan difikirin , Mawar, masih banyak yang mau berteman sama kamu kok!” hibur Ika. “Krrrrriiiiiiiiiiiing” bel tanda masuk sudah berbunyi.” Ayo, cepat-cepat kita masuk kelas!. Nanti Pak Yusuf datang!” ajak Putri . Setelah masuk ke kelas, ternyata Pak Yusuf belum masuk kelas. “Ternyata Pak Yusuf belum masuk.” Ucap Marpu’ah.
Mawar akan memancing Melati, apakah Melati marah pada Mawar?. Mawar mencoba mengambil buku tulis Melati, tetapi Melati langsung mengambil bukunya yang diambil oleh Mawar,dan ia juga memgambil semua barangnnya yang ada di atas meja. Pak Yusuf belum juga masuk kelas,anak laki-laki maupun perempuan semuanya mengobrol dan bercanda. “Sebetulnya kamu suka gak sih sama Tio?”,ucap Melati. “Nggak .” Mawar menegaskan pertanyaan dari Melati. “ Mawar pasti bohong, dia pasti suka sama Tio! aku benci Mawar, benci, benci,benci!”, Melati sangat benci kepada Mawar.
Sudah tiga hari mereka masih bermusuhan. Sebetulnya Mawar ingin sekali meminta maaf kepada Melati, tetapi Melati tidak mau mendengarkan penjelasan Mawar,”Melati, aku minta maaf ya?”, “Maaf itu tidak bisa mengobati hati aku yang sakit ini!” , balas Melati.
Mawar hanya terdiam, dan termenung. “ Kamu gak akan pernah bisa menjawab pertanyaan dari aku?” Melati menantang “ O yah,aku bisa, besok aku tunggu kau, di belakang sekolah!” Mawar menjawab dengan gugup.
Keesokan harinya, Mawar mengajak Melati ke belakang sekolah untuk mengobrol dan menceritakan apa yang terjadi pada hari itu. “Sungguh, Melati aku tidak  sengaja bertemu dengan dia!” Mawar menjelaskan “ Aku masih gak percaya sama perkataan kamu!” balas Melati. “ ya sudah, kalau kamu gak percaya sama perkataan aku!”. “ Ok, kalau kamu masih mendekati Tio, dengan sengaja ataupun tidak disengaja, hubungan pertemanan kita akan putus! Tapi, kalau kamu tidak mendekati Tio s’lama-lamanya aku akan memafkan kamu. Inat itu kata-kataku!” Melati mengancam.
Pada suatu hari, Risa berulang tahun, ia mengajak Mawar. Sesampainya di sana, Mawar bertemu dengan Tio. “ Risa, aku gak jadi ikut makan bakso sama kamu ya? Aku minta maaf banget.” Kata Mawar ketakutan. “Kenapa?”, “Ada Tio, nanti aku di musuhin lagi sama Melati?” jawab Mawar. “Udah gak apa-apa, nanti aku bilang sama Melati!” ucap Risa. “gak deh “ jawab Mawar lagi. Risa memaksa agar Mawar makan bakso dengannya, tetapi Mawar menolak.
Berhari-hari ditunggu oleh Mawar. Akhirnya hari ini, hari yang di tunggu-tunggu oleh Mawar, karna hari ini Mawar akan dimafkan oleh Melati. “ aku minta maaf ya Melati?”, Tanya Mawar pada Melati. “iya aku maafin kamu kok !”,jawab Melati. “Ok, sekarang kita berteman sampai ajal menjemput kita” kata Mawar karna terlalu senang,”kita kan sahabat” ucap Melati. Mereka adalah BEST FRIEND FOREVER!

Nama                    : Fariky Sapta Reka

Sekolah                               : SDN Cilenggang 2

Alamat                 : Griya Serpong Asri Blok A2 / 19  Rt 07 / Rw 05

Ds.Suradita,Kec.Cisauk, Tangerang

Kelas                                     : INGIN MENJADI PEMAIN BADMINTON

HOBI                                     : BADMINTON DAN SEPAK BOLA

LAHIR                  : 27 MEI 1999

KUTUKAN RAJA PULAU KENTIN

Pada zaman dahulu,ada sebuah raja yang tinggal di pulau kentin daerah kahayaan hilir.Nama raja itu adalah Adipati Surti beliau mempunyai  seorang istri, yang bernama Suratmi.Adipati Surti dan Suratmi dikaruniai dua (2) orang anak yang bernama Kitan dan Hinan.Beliau berdua berkeinginan membeli dua ekor kuda jantan.kedua ekor kuda jantan tersebut rencananya untuk membantu ayahanda Adipati Surti melawan kerajaan Mintin.Akan tetapi Adipati Surti melarang kedua anaknya yaitu Kitan dan Hinan untuk melawan kerajaan Mintin,karenamereka berdua masih terlalu kecil untuk berperang melawan kerajaan Mintin.Karena mereka berdua tetap memaksa sehingga Adipati Surti marah dan mengutuk mereka berdua menjadi seekor monyet dan seekor anjing.

Karena di kutuk oleh ayahnya menjadi seekor monyet dan seekor anjing mereka berdua lari ketengah hutan.Di tengah hutan mereka ke bingungan untuk mencari makanan dan minuman.Di saat mereka merasakan lapar dan haus tiba-tiba datanglah seorang nenek yang memberikan makanan dan minuman.Karena melihat kebaikan nenek tersebut  akhirnya seekor monyet dan seekor anjing menceritakan semua yang di alminya kepada nenek tersebut.seekor monyet dan seekor anjing ingin berubah ke wujud seperti aslinya yaitu menjadi manusia.mendengar cerita mereka berdua nenek tersebut merasa iba dan ingin  merubahnya menjadi wujud aslinya.Dengan syarat tidak boleh dendam kepada ayahnya.Mereka berdua menyanggupi persyaratan nenek tersebut dan  maka diubahlah  mereka berdua ke wujud aslinya.
Hingga akhirnya Kitan dan Hinan menemui ayahnya.Alangkah terkejutnya Adipati Surti melihat ke dua anaknya yang di kutuk menjadi seekor monyet dan seekor anjing telah berubah menjadi seperti semula.Adipati Surti minta maaf kepada Kitan dan Hinan dan menyesali perbuatanya yang telah mengutuk mereka berdua.Dan akhirnya Adapati Adipati Surti membelikan  dua ekor kuda jantan  kepada kedua anaknya yang akan digunakan untuk melawan kerajaan Mintin.Hingga akhirnya Adipati Surti dan kedua anaknya Kitan dan Hinan memenangkan peperangan melawan kerajaan Mintin.

BERANIKAH SEBUAH SEKOLAH MELAKUKAN INOVASI?
Inovasi adalah suatu usaha sadar yang dengan sengaja untuk memperbaiki praktik pendidikan dengan sungguh-sungguh. Lalu apakah yang akan diinovasikan dan bagaimana?Apakah semua orang harus berperan di dalamnya?Berbagai pertanyaan pasti saling bermunculan pada awalnya,tak tertutup kemungkinan unsur penting pendukung sebuah inovasi mempunyai peran yang sangat penting.
Miles dan Ibrahim ( 1988) ada sebelas komponen penting penunjang inovasi
9.      Hubungan antar bagian
10.   Hubungan dengan sistem
11.   Strategi pembelajaran

Proses inovasi tak luput dari beberapa hal yang harus diperhatikan seperti yang dikemukakan oleh Ibrahim (1988 )mengungkapkan elemen-elemen pokok dalam proses perencanaan yaitu
a.       Merumuskan tujuan umum dan khusus inovasi
b.      Mengidentifikasi masalah
c.       Menentukan kebutuhan
d.      Mengidentifikasi sumber penunjang dan penghambat
e.      Menentukan alternatif kegiatan
f.        Menemukan alternatif pemecahan masalah
g.      Menentukan alternatif pendayagunaan sumber daya
h.      Menentukan kriteria untuk memilih alternatif pemecahan masalah
i.        Menentukan alternatif pengambil keputusan
j.        Menentukan kriteria untuk menilai inovasi
Dari ungkapan di atas ada beberapa kesimpulan penting dari elemen-elemen pokok proses inovasi dalam pendidikan sebagai berikut;
1.       Tujuan
2.      Masalah dan pemecahannya
3.       Sumber daya pendukung
4.      Penghambat  dan alternatif lain
5.       Penilaian dan reward

TUJUAN
Inovasi Pendidikan
INOVASI DAPAT BERLANGSUNG JIKA SEMUA UNSUR MEMAINKAN PERANANNYA SEBAGAI BAGIAN DARI INOVASI PENDIDIKAN. SEBAGUS APA PUN INOVASI PERLU ADANYA ASPEK PENUNJANG YANG ADA DI LINGKUP SEKOLAH DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI INOVASI YANG DIKEMBANGKAN.PENGEMBANGAN SEBUAH INOVASI SEKECIL APA PUN YANG ADA DI SEKOLAH HARUS MENGACU KEPADA TUJUAN YANG MENJADI SASARAN DARI SEBUAH PENGEMBANGAN YANG DILAKUKAN.
TUJUAN YANG AKAN DICAPAI AKAN MENJADI SEBUAH HARAPAN YANG JELAS ,TANPA TUJUAN YANG JELAS SANGAT TAK MUNGKIN KEBERHASILAN AKAN DIPEROLEH.TIDAK TETUTUP KEMUNGKINAN JUGA KENDALA DAN PERMASALAHAN YANG AKAN TIMBUL DARISEBUAH INOVASI.TUJUAN YANG JELAS AKAN MENJAWAB SEMUA ITU.

MASALAH DAN PEMECAHANNYA
INOVASI BERANGKAT DARI ADANYA PERMASALAHN YANG DIHADAPI DALAM LINGKUP PENDIDIKAN DIUSAHAN JALAN PEMECAHANNYA .OLEH SEBAB ITU PERANAN SEMUA UNSUR YANG TERKAIT DI DALAM SEBUAH INOVASI MEMAINKAN  PERANAN PENTING.
BEBERAPA PERMASALAHAN YANG ADA DI SEBUAH SD DIANTARANYA;
6.      PGPS DALAM PENILAIAN PERSONIL
7.       TIDAK TEREKAMNYA INOVASI YANG TELAH DIKEMBANGKAN
8.      PEMAHAMAN TENTANG SEKOLAH GRATIS ,DAN APATISME DSB
BEGITU BANYAKNYA PERMASALAHAN YANG ADA DI LINGKUNGAN SD DAN PADA JENJANG SEKOLAH SELANJUTNYA MENJADI TANGGUNG JAWAB MORAL BUAT KITA SEMUA. PERMASALAHN YANG BEGITU KOMPLEKS TIDAK AKAN MUNGKIN DAPAT TERSELESAIKAN SECARA SEREMPAK ,DAN TIDAK SEMUDAH MEMBALIK TELAPAK TANGAN,NAMUN BUKAN TAK ADA JALAN KELUARNYA.
FAKTOR KEPEMIMPINAN SEBAGAI PENGENDALI SELAYAKNYA MEMPUNYAI VISI DAN MISI  JELAS YANG AKAN DITARGETKAN DALAM KEPEMIMPINANNYA.SEKECIL APA PUN TINDAKAN YANG DIAMBIL AKAN BERDAMPAK POSITIF JIKA ADA KEJELASAN DAN TERENCANA DENGAN BAIK.
TINDAKAN YANG DIAMBIL SELANJUTNYA TEREKAM DALAM SEBUAH AGENDA WALAUPUN KECIL,NAMUN LANGKAH KECIL TERSEBUT SUATU PERMULAAN YANG AKAN BERDAMPAK BESAR DAN MEMILIKI PENGARUH PADA PENGAMBILAN PEMECAHAN MASALAH LAINNYA.
Ada lima hal pokok dari sebelas komponen yang dikemukakan oleh Miles dan Ibrahim tentang inovasi pendidikan diantaranya;
1.       Personalia
2.      Rumusan tujuan
3.       Wawasan
4.      Hubungan antar bagian
5.       Hubungan dengan sistem

Peranan semua personalia dalam inovasi harus menyeluruh tanpa kecuali,karena itu sebagai bagian dari inovasi  SDM. Personalia bukan hanya sebagai pelengkap penderita dalam sebuah organisasi yang tidak jelas fungsi dan tugasnya. Pembagian tugas terangkum dalam struktur komando kepemimpinan dan kerjasama antar personil.
Perumusan yang jelas dari tujuan yang disepakati bersama untuk mencapai  tujuan tersebut semua pihak mematuhi dan menjalankan perannya masing-masing. Penambahan perolehan wawasan dalam pengetahuan pengembangan inovasi perlu dilakukan baik secara internal maupun eksternal. Perolehan wawasan dalam menambah masukan sangat berpengaruh baik untuk semua personil.
Penambahan wawasan juga dapat dilakukan antar personil itu sendiri dalam melengkapi dan menutupi kekurangan diri dan siap menerima segala masukan untuk menambah wawasan dan menjalin hubungan yang baik antar bagian. Hubungan antar bagian akan terjalin baik jika seluruh personil dan struktur di SD berjalan dengan baik. Komite sekolah bukan hanya sebagai pelengkap struktur. Keberadaannya jelas mempunyai peran yang penting dalam sebuah inovasi sebagai penyokong dan pendorong dari visi misi tersebut.

KELEBIHAN BERBANDING KEKURANGAN
Setiap manusia pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Suatu hal yang manusia secara umum. Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan setiap person mempunyai perpektif berbeda pada setiap orang, bagaimana memberdayakan kelebihan tersebut.

Segudang rasa terenyuh menumpuk dalam jiwa tak berdaya. Tangan tak lagi kuasa meraih makna, susunan kata-kata tak punya lagi arti, mimpi indah tak pernah singgah dalam tidurku. Angan dan harap telah memusnahkan segenap seluruh cita yang menanti embun pagi yang cerah. Rangkaian cerita yang tersusun semoga bermakna , manakala paramuda mengerti akan arti sebuah pengorbanan dan perjuangan. Sulit untuk mengatakan sebuah kebenaran, jika rasa kebencian telah menyelimuti benak hati. Hancur lantak musnah tanpa karana, ketika ma’af tak mempunyai pintu.
Sepotong ma’af buat paramuda, jika segala upaya sia-sia. Tapi jangan pernah kecewa memaknai arti sebuah kebenaran hakiki. Kebenaran tak pernah usang dimakan oleh zaman,tak pernah mati oleh waktu. Dia begitu bernilai bagi yang memaknainya dengan kejernihan jiwa.
Kiranya pintu ma’af masih tersisa dari paramuda yang menyusun ribuan kata agar bermakna. Harapku buat paramuda semoga kalian semua menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana, jangan pernah mengalami seperti apa yang pernah dialami dalam kehidupan gurumu yang naïf ini!