Minggu, 08 April 2012

BERANIKAH SEBUAH SEKOLAH MELAKUKAN INOVASI?



Inovasi adalah suatu usaha sadar yang dengan sengaja untuk memperbaiki praktik pendidikan dengan sungguh-sungguh. Lalu apakah yang akan diinovasikan dan bagaimana?Apakah semua orang harus berperan di dalamnya?Berbagai pertanyaan pasti saling bermunculan pada awalnya,tak tertutup kemungkinan unsur penting pendukung sebuah inovasi mempunyai peran yang sangat penting.
Miles dan Ibrahim ( 1988) ada sebelas komponen penting penunjang inovasi
1.       Personalia
2.       Banyaknya personal dan wilayah kerja
3.       Fasilistas fisik
4.       Penggunaan waktu
5.       Rumusan tujuan
6.       Prosedur pembelajaran
7.       Peran yang diperlukan
8.       Wawasan
9.       Hubungan antar bagian
10.   Hubungan dengan sistem
11.   Strategi pembelajaran

Proses inovasi tak lepas dari beberapa hal yang harus diperhatikan seperti yang dikemukakan oleh Ibrahim (1988 )mengungkapkan elemen-elemen pokok dalam proses perencanaan yaitu
a.       Merumuskan tujuan umum dan khusus inovasi
b.      Mengidentifikasi masalah
c.       Menentukan kebutuhan
d.      Mengidentifikasi sumber penunjang dan penghambat
e.      Menentukan alternatif kegiatan
f.        Menemukan alternatif pemecahan masalah
g.       Menentukan alternatif pendayagunaan sumber daya
h.      Menentukan kriteria untuk memilih alternatif pemecahan masalah
i.         Menentukan alternatif pengambil keputusan
j.        Menentukan kriteria untuk menilai inovasi
Dari ungkapan di atas ada beberapa kesimpulan penting dari elemen-elemen pokok proses inovasi dalam pendidikan sebagai berikut;
  • 1.       Tujuan
  • 2.       Masalah dan pemecahannya
  • 3.       Sumber daya pendukung
  • 4.       Penghambat  dan alternatif lain
  • 5.       Penilaian dan reward

TUJUAN
Inovasi Pendidikan
INOVASI DAPAT BERLANGSUNG JIKA SEMUA UNSUR MEMAINKAN PERANANNYA SEBAGAI BAGIAN DARI INOVASI PENDIDIKAN. SEBAGUS APA PUN INOVASI PERLU ADANYA ASPEK PENUNJANG YANG ADA DI LINGKUP SEKOLAH DASAR SEBAGAI BAGIAN DARI INOVASI YANG DIKEMBANGKAN.PENGEMBANGAN SEBUAH INOVASI SEKECIL APA PUN YANG ADA DI SEKOLAH HARUS MENGACU KEPADA TUJUAN YANG MENJADI SASARAN DARI SEBUAH PENGEMBANGAN YANG DILAKUKAN.
TUJUAN YANG AKAN DICAPAI AKAN MENJADI SEBUAH HARAPAN YANG JELAS ,TANPA TUJUAN YANG JELAS SANGAT TAK MUNGKIN KEBERHASILAN AKAN DIPEROLEH.TIDAK TETUTUP KEMUNGKINAN JUGA KENDALA DAN PERMASALAHAN YANG AKAN TIMBUL DARISEBUAH INOVASI.TUJUAN YANG JELAS AKAN MENJAWAB SEMUA ITU.

MASALAH DAN PEMECAHANNYA
INOVASI BERANGKAT DARI ADANYA PERMASALAHN YANG DIHADAPI DALAM LINGKUP PENDIDIKAN DIUSAHAN JALAN PEMECAHANNYA .OLEH SEBAB ITU PERANAN SEMUA UNSUR YANG TERKAIT DI DALAM SEBUAH INOVASI MEMAINKAN  PERANAN PENTING.
BEBERAPA PERMASALAHAN YANG ADA DI SEBUAH SD DIANTARANYA;
1.       LEMAHNYA SDM
2.       KURANGNYA KEPEDULIAN PERAN ORANG TUA
3.       TIDAK JELASNYA MANAJEMEN SEKOLAH
4.       LEMAHNYA LEADERSHIP
5.       KURANGNYA GANJARAN DAN PERHATIAN TERHADAP KONTRIBUSI GURU AKTIF
6.       PGPS DALAM PENILAIAN PERSONIL
7.       TIDAK TEREKAMNYA INOVASI YANG TELAH DIKEMBANGKAN
8.       PEMAHAMAN TENTANG SEKOLAH GRATIS ,DAN APATISME DSB
BEGITU BANYAKNYA PERMASALAHAN YANG ADA DI LINGKUNGAN SD DAN PADA JENJANG SEKOLAH SELANJUTNYA MENJADI TANGGUNG JAWAB MORAL BUAT KITA SEMUA. PERMASALAHN YANG BEGITU KOMPLEKS TIDAK AKAN MUNGKIN DAPAT TERSELESAIKAN SECARA SEREMPAK ,DAN TIDAK SEMUDAH MEMBALIK TELAPAK TANGAN,NAMUN BUKAN TAK ADA JALAN KELUARNYA.
FAKTOR KEPEMIMPINAN SEBAGAI PENGENDALI SELAYAKNYA MEMPUNYAI VISI DAN MISI  JELAS YANG AKAN DITARGETKAN DALAM KEPEMIMPINANNYA.SEKECIL APA PUN TINDAKAN YANG DIAMBIL AKAN BERDAMPAK POSITIF JIKA ADA KEJELASAN DAN TERENCANA DENGAN BAIK.
TINDAKAN YANG DIAMBIL SELANJUTNYA TEREKAM DALAM SEBUAH AGENDA WALAUPUN KECIL,NAMUN LANGKAH KECIL TERSEBUT SUATU PERMULAAN YANG AKAN BERDAMPAK BESAR DAN MEMILIKI PENGARUH PADA PENGAMBILAN PEMECAHAN MASALAH LAINNYA.
Ada lima hal pokok dari sebelas komponen yang dikemukakan oleh Miles dan Ibrahim tentang inovasi pendidikan diantaranya;
1.       Personalia
2.       Rumusan tujuan
3.       Wawasan
4.       Hubungan antar bagian
5.       Hubungan dengan sistem

Peranan semua personalia dalam inovasi harus menyeluruh tanpa kecuali,karena itu sebagai bagian dari inovasi  SDM. Personalia bukan hanya sebagai pelengkap penderita dalam sebuah organisasi yang tidak jelas fungsi dan tugasnya. Pembagian tugas terangkum dalam struktur komando kepemimpinan dan kerjasama antar personil.
Perumusan yang jelas dari tujuan yang disepakati bersama untuk mencapai  tujuan tersebut semua pihak mematuhi dan menjalankan perannya masing-masing. Penambahan perolehan wawasan dalam pengetahuan pengembangan inovasi perlu dilakukan baik secara internal maupun eksternal. Perolehan wawasan dalam menambah masukan sangat berpengaruh baik untuk semua personil.
Penambahan wawasan juga dapat dilakukan antar personil itu sendiri dalam melengkapi dan menutupi kekurangan diri dan siap menerima segala masukan untuk menambah wawasan dan menjalin hubungan yang baik antar bagian. Hubungan antar bagian akan terjalin baik jika seluruh personil dan struktur di SD berjalan dengan baik. Komite sekolah bukan hanya sebagai pelengkap struktur. Keberadaannya jelas mempunyai peran yang penting dalam sebuah inovasi sebagai penyokong dan pendorong dari visi misi tersebut.
      

KELEBIHAN BERBANDING KEKURANGAN
Setiap manusia pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan. Suatu hal yang dimiliki manusia secara umum. Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan setiap person mempunyai perpektif berbeda pada setiap orang, bagaimana memberdayakan kelebihan tersebut. Kejelian seorang pemimpin sangat diperlukan dalam mengelola dan mengetahui setiap bawahannya. Jika hal tersebut dapat dilakukan, maka bukan tidak mungkin sebuah organisasi akan menjadi bangunan yang kokoh, penuh dengan sosok yang memiliki keunggulan masing-masing.
Seringkali kita mendengar, bahwa seseorang menyadari akan kelemahannya,tetapi jarang sekali orang memahami akan kelebihan orang lain. Padahal dari dari sanalah berangkatnya sebuah kelemahan akan tertutupi. Berbicara mengenai kelemahan orang lain, suatu hal yang terlalu naïf untuk dapat dibicarakan, namun selayaknya kelemahan menjadikan sesuatu yang membuat kita menjadi kuat dan mandiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar